Inovasi dan Diferensiasi : Strategi Bank Jatim KCP Babat dalam Menghadapi Persaingan industri perbankan

  • Erviana Indah Permatasari Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
  • Frida Fanani Rohma Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
Keywords: Bank Jatim, Strategi, Inovasi, Persaingan perbankan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang diterapkan Bank jatim KCP babat dalam memenangkan pasar  industri  perbankan  ditengah  banyaknya  industri  perbankan  lain  disekitarnya. Ada beberapa strategi yang digunakan dalam menghadapi persaingan tersebut diantaranya : meningkatkan pelayanan, memberikan sarana dan prasarana yang lengkap dan nyaman, saat memasarkan produknya menggunakan strategi terjun langsung ke lapangan. Metode   yang   digunakan   dalam penelitian  ini  menggunakan pendekatan  analisis deskriptif kualitatif  dengan  sumber  data  diperoleh  dari  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara mendalam dilakukan dengan informan dari pihak pegawai Bank jatim KCP babat. Selain itu, sumber  data sekunder  dalam  penelitian  ini diperoleh dari studi literatur jurnal, artikel penelitian, dan kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa Strategi yang diterapkan bank jatim KCP babat diantara Inovasi dan pelayanan meliputi penyediaan produk  dari  tabungan  hingga pembiayaan  sesuai  dengan  kebutuhan  nasabah,  layanan  yang  andal dengan memberikan solusi terbaik dari masalah keuangan nasabah, Serta  menghindari  masalah dengan  nasabah  karena  memberikan pelayanan sesuai  SOP. Kedua, inovasi teknologi. Ketiga marketing memasarkan produknya menggunakan strategi terjun langsung ke lapangan yang dilaksanakan guna menjalin hubungan  erat  dengan  nasabah. Strategi Bank Jatim KCP babat dalam menghadapi persaingan industri perbankan adalah lebih kepada meningkatkan kualitas serta pelayanan yang ada di Bank Jatim KCP babat karena kepuasan nasabah juga menjadi salah satu aspek strategis untuk memenangkan persaingan dan mempertahankan citra perusahaan di pasar dan masyarakat luas. Sehingga kualitas layanan pelanggan menjadi isu yang sangat penting. Karena pelayanan tidak sebatas melayani, melainkan dapat memahami, mengerti serta merasakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-13
Section
Articles