ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PD BPR BKK KABUPATEN BOYOLALI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kepuasan nasabah pada BPR BKK Boyolali baik secara simultan maupun secara
parsial. Kualitas pelayanan adalah hal yang dinamis, maka tuntutan agar
dinamika itu semakin progresif agaknya menjadi sebuah keniscayaan. Dalam
konteks itulah PD BPR BKK Boyolali dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan
dan kepuasan nasabah dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Agar tingkat
kepuasan nasabah aktif meningkat, maka PD BPR BKK Boyolali dengan cermat
harus menentukan proyeksi kebutuhan konsumen. Hal ini merupakan usaha untuk
memenuhi harapan konsumen, sekaligus meningkatkan derajat kepuasan atas
kualitas pelayanan yang telah diberikan. Penelitian ini merupakan disain
penelitian dengan corak pendekatan deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan
dengan menyebar kuesioner kepada sampel nasabah aktif PD BKK Boyolali.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.
Dari penelitian ini didapatkan deskripsi bahwa bukti fisik (XI), keandalan (X2),
daya tanggap (X3), jaminan (X4) dan empati (X5) merupakan variabel yang
berpengaruh positif dan signifikan baik secara simultan maupun secara parsial
terhadap kepuasan nasabah (Y). Adapun nilai signifikansi yang muncu l sebesar <
0,05. Uji statisik juga menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen bukti
fisik (XI), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4) dan empati (X5)
didalam mengekplanasi kepuasan nasabah ( variabel dependen ) adalah sebesar
70,9%, sedangkan sisanya sebesar 29,1% sebesar dijelaskan oleh perubah lain
diluar disain penelitian ini
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.