ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PD BPR BKK KABUPATEN BOYOLALI

  • Fitriyani Fitriyani
  • Listyowati Puji Rahayu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kepuasan nasabah pada BPR BKK Boyolali baik secara simultan maupun secara
parsial. Kualitas pelayanan adalah hal yang dinamis, maka tuntutan agar
dinamika itu semakin progresif agaknya menjadi sebuah keniscayaan. Dalam
konteks itulah PD BPR BKK Boyolali dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan
dan kepuasan nasabah dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Agar tingkat
kepuasan nasabah aktif meningkat, maka PD BPR BKK Boyolali dengan cermat
harus menentukan proyeksi kebutuhan konsumen. Hal ini merupakan usaha untuk
memenuhi harapan konsumen, sekaligus meningkatkan derajat kepuasan atas
kualitas pelayanan yang telah diberikan. Penelitian ini merupakan disain
penelitian dengan corak pendekatan deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan
dengan menyebar kuesioner kepada sampel nasabah aktif PD BKK Boyolali.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.
Dari penelitian ini didapatkan deskripsi bahwa bukti fisik (XI), keandalan (X2),
daya tanggap (X3), jaminan (X4) dan empati (X5) merupakan variabel yang
berpengaruh positif dan signifikan baik secara simultan maupun secara parsial
terhadap kepuasan nasabah (Y). Adapun nilai signifikansi yang muncu l sebesar <
0,05. Uji statisik juga menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen bukti
fisik (XI), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4) dan empati (X5)
didalam mengekplanasi kepuasan nasabah ( variabel dependen ) adalah sebesar
70,9%, sedangkan sisanya sebesar 29,1% sebesar dijelaskan oleh perubah lain
diluar disain penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-23
Section
Articles