Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila pada Teks Berita di SMP IT Insan Taqwa Lampung
Abstract
Profil Pelajar Pancasila merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional. Profil Pelajar Pancasila berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik. Profil Pelajar Pancasila harus dapat dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan karena perannya yang penting. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya rasa kolaburasi peserta didik khususnya kelas VII dalam pembelajaran serta tingkat penalaran peserta didik kelas VII yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis implementasi profil pelajar pancasila pada teks berita di kelas VII SMP IT Insan Taqwa Lampung dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pada analisis profil pelajar pancasila pada teks berita di kelas VII SMP IT Insan Taqwa Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian dilakukan secara langsung terhadap objek yang diteliti kemudian melakukan pengumpulan data yang telah ditemukan di lapangan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang artinya dalam melakukan pelaporan penelitiannya dengan penggambaran kalimat dan ditunjukkan untuk mendeskripsikan keadaan yang sesuai dengan realita. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan profil pelajar pancasila yang diterapkan yaitu gotong royong, bernalar kritis dan kreatif. Melalui penelitian yang berjudul analisis implementasi Profil Pelajar Pancasila pada teks berita di SMP IT Insan Taqwa Lampung secara umum tergolong baik
Downloads
Copyright (c) 2024 Sri Handayani, Salamah Salamah, Idawati Idawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.