Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila pada Teks Berita di SMP IT Insan Taqwa Lampung

  • Sri Handayani Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Salamah Salamah Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Idawati Idawati Universitas Muhammadiyah Lampung
Keywords: Implementasi, Profil Pelajar Pancasila, teks berita

Abstract

Profil Pelajar Pancasila merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional. Profil Pelajar Pancasila berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik. Profil Pelajar Pancasila harus dapat dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan karena perannya yang penting. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya rasa kolaburasi peserta didik khususnya kelas VII dalam pembelajaran serta tingkat penalaran peserta didik kelas VII yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis implementasi profil pelajar pancasila pada teks berita di kelas VII SMP IT Insan Taqwa Lampung dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pada analisis profil pelajar pancasila pada teks berita di kelas VII SMP IT Insan Taqwa Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian dilakukan secara langsung terhadap objek yang diteliti kemudian melakukan pengumpulan data yang telah ditemukan di lapangan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang artinya dalam melakukan pelaporan penelitiannya dengan penggambaran kalimat dan ditunjukkan untuk mendeskripsikan keadaan yang sesuai dengan realita. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan profil pelajar pancasila yang diterapkan yaitu gotong royong, bernalar kritis dan kreatif. Melalui penelitian yang berjudul analisis implementasi Profil Pelajar Pancasila pada teks berita di SMP IT Insan Taqwa Lampung secara umum tergolong baik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-31
Section
Articles