Implementasi Teori Kognitif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

  • Nur Luluk Indah Universitas Terbuka
Keywords: Implementasi, Teori Kognitif, Prestasi Belajar

Abstract

Proyek ini bermaksud untuk mengeksplorasi penerapan teori kognitif dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas 4 SDN 2 Endang Rejo dalam dua siklus dengan menggunakan metodologi penelitian tindakan kelas (PTK). Pada siklus pertama, metode pembelajaran didasarkan pada teori kognitif. Pada siklus kedua, hasil dan refleksi dari siklus pertama digunakan untuk memperbaiki dan mengoptimalkan strategi pembelajaran. Konsep-konsep penting dari teori kognitif termasuk pemrosesan informasi, konstruktivisme, pembelajaran berbasis masalah, penggunaan alat bantu visual, keterlibatan aktif siswa, dan konsep penyimpanan dan pengambilan kembali informasi. semuanya termasuk dalam kerangka teori. Penerapan praktik pembelajaran yang berlandaskan sains kognitif diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi akademik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman teori kognitif dengan mengumpulkan data melalui observasi, penilaian pre-test, dan post-test. Analisis dilakukan untuk menilai dampak penerapan pendekatan pembelajaran berbasis teori kognitif terhadap hasil belajar siswa. Metode kualitatif dan kuantitatif digunakan untuk mendeteksi perubahan signifikan antara siklus pra-implementasi dan pasca-implementasi. Hasil penelitian ini diharapkan akan meningkatkan pemahaman tentan. Pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efisien, yang dapat diterapkan dalam pendidikan formal, akan memiliki konsekuensi praktis. Strategi ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-31
Section
Articles