Implementasi Teori Kognitif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Proyek ini bermaksud untuk mengeksplorasi penerapan teori kognitif dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas 4 SDN 2 Endang Rejo dalam dua siklus dengan menggunakan metodologi penelitian tindakan kelas (PTK). Pada siklus pertama, metode pembelajaran didasarkan pada teori kognitif. Pada siklus kedua, hasil dan refleksi dari siklus pertama digunakan untuk memperbaiki dan mengoptimalkan strategi pembelajaran. Konsep-konsep penting dari teori kognitif termasuk pemrosesan informasi, konstruktivisme, pembelajaran berbasis masalah, penggunaan alat bantu visual, keterlibatan aktif siswa, dan konsep penyimpanan dan pengambilan kembali informasi. semuanya termasuk dalam kerangka teori. Penerapan praktik pembelajaran yang berlandaskan sains kognitif diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi akademik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman teori kognitif dengan mengumpulkan data melalui observasi, penilaian pre-test, dan post-test. Analisis dilakukan untuk menilai dampak penerapan pendekatan pembelajaran berbasis teori kognitif terhadap hasil belajar siswa. Metode kualitatif dan kuantitatif digunakan untuk mendeteksi perubahan signifikan antara siklus pra-implementasi dan pasca-implementasi. Hasil penelitian ini diharapkan akan meningkatkan pemahaman tentan. Pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efisien, yang dapat diterapkan dalam pendidikan formal, akan memiliki konsekuensi praktis. Strategi ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Downloads
Copyright (c) 2024 Nur Luluk Indah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.