AKURASI SIDIK JARI UNTUK MENGUKUR GAYA BELAJAR DAN MULTIPLE INTELLEGENCES SISWA (STUDI KASUS DI TK NUURUSSHIDDIIQ KAB. CIREBON)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui standar analisis yang
digunakan untuk mengukur gaya belajar berdasarkan sidik jari; 2). Untuk
mengetahui standar analisis yang digunakan untuk mengukur multiple intelligence
melalui sidik jari; 3). Untuk memperoleh data tentang akurasi tidakmya
pengukuran sidik jari untuk mengukur gaya belajar dan multiple intelligence siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu: 1). Gambaran gambaran
gaya belajar melalui sidik jari berdasarkan hasil deteksi bakat genetic maupun hail
penebaran angket di TKIT Nuurusshiddiiq yaitu: gaya belajar visual menunjukkan
rata-rata 33,75, gaya belajar auditory rata-rata 31,4, dan gaya belajaar kinestetik
menunjukkan rata-rata 33,6. 2). Gambaran multiple intelligence melalui sidik jari,
berdasarkan hasil deteksi bakat genetic maupun hail angket di TKIT
Nuurusshiddiiq yaitu: a). Logika mencapai rata-rata: 14,3, b). Visual Spasi
mencapai rata-rata: 15.1, c). Linguistik mencapai rata-rata: 12.5, d). Musikal
mencapai rata-rata: 13.8, e). Bodi Kinestetik mencapai rata-rata: 13.1, f).
Interpersonal mencapai rata-rata: 11.4, g). Naturalis mencapai rata-rata: 13.3. 3).
Akurasi pengukuran sidik jari untuk mengukur gaya belajar dan multiple
intelligence siswa di RK Islam Terpadu (TKIT) Nuurusshiddiiq berdasarkan ha sil
perhitungan statistic menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar r
y2= 0,539.
Nilai ini mencerminkan bahwa gaya belajar siswa secara kuantitatif memberikan
akurasi yang tergolong positif /cukup tinggi. Dengan demikian, pengukuran sidik
dalam mengukur gaya belajar siswa dan multiple intelligence siswa (Kecerdasan
siswa) di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Nuurusshiddiiq, adalah
memberikan akurasi yang cukup tinggi karena tergolong positif, dan angka
tersebut berada antara 0.400 – 0.700 dengan interpretasi tergolong cukup.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.