AKURASI SIDIK JARI UNTUK MENGUKUR GAYA BELAJAR DAN MULTIPLE INTELLEGENCES SISWA (STUDI KASUS DI TK NUURUSSHIDDIIQ KAB. CIREBON)

  • Cut Nurfatmi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui standar analisis yang
digunakan untuk mengukur gaya belajar berdasarkan sidik jari; 2). Untuk
mengetahui standar analisis yang digunakan untuk mengukur multiple intelligence
melalui sidik jari; 3). Untuk memperoleh data tentang akurasi tidakmya
pengukuran sidik jari untuk mengukur gaya belajar dan multiple intelligence siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu: 1). Gambaran gambaran
gaya belajar melalui sidik jari berdasarkan hasil deteksi bakat genetic maupun hail
penebaran angket di TKIT Nuurusshiddiiq yaitu: gaya belajar visual menunjukkan
rata-rata 33,75, gaya belajar auditory rata-rata 31,4, dan gaya belajaar kinestetik
menunjukkan rata-rata 33,6. 2). Gambaran multiple intelligence melalui sidik jari,
berdasarkan hasil deteksi bakat genetic maupun hail angket di TKIT
Nuurusshiddiiq yaitu: a). Logika mencapai rata-rata: 14,3, b). Visual Spasi
mencapai rata-rata: 15.1, c). Linguistik mencapai rata-rata: 12.5, d). Musikal
mencapai rata-rata: 13.8, e). Bodi Kinestetik mencapai rata-rata: 13.1, f).
Interpersonal mencapai rata-rata: 11.4, g). Naturalis mencapai rata-rata: 13.3. 3).
Akurasi pengukuran sidik jari untuk mengukur gaya belajar dan multiple
intelligence siswa di RK Islam Terpadu (TKIT) Nuurusshiddiiq berdasarkan ha sil
perhitungan statistic menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar r
y2= 0,539.
Nilai ini mencerminkan bahwa gaya belajar siswa secara kuantitatif memberikan
akurasi yang tergolong positif /cukup tinggi. Dengan demikian, pengukuran sidik
dalam mengukur gaya belajar siswa dan multiple intelligence siswa (Kecerdasan
siswa) di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Nuurusshiddiiq, adalah
memberikan akurasi yang cukup tinggi karena tergolong positif, dan angka
tersebut berada antara 0.400 – 0.700 dengan interpretasi tergolong cukup.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-23
Section
Articles