Analisis Kinerja Simpang Bersignal di Jalan Bethesda – Jalan Santo Yoseph Kota Manado
Abstract
Persimpangan merupakan bagian ruas jalan yang dimana tempat pertemuan antar kendaraan yang datang dari berbagai arah. Di Kota Manado salah satu simpang bersignal yang mengalami penurunan kapasitas yaitu pada simpang tiga bersignal Jalan Bethesda – Jalan Santo Yoseph. Penelitian yang bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang bersignal di Jalan Bethesda – Jalan Santo Yoseph dengan menggunakan metode PKJI 2014, running simulasi pada software vissim dan melakukan analisis gelombang kejut untuk mendapatkan panjang antrian antar tiap lengan. Pengambilan data primer yaitu volume dan kecepatan untuk mendapatkan hubungan antar parameter. Pengambilan data dilapangan dilakukan pada hari sibuk yaitu hari Jumat, hari Sabtu, serta hari Senin yang dilakukan mulai jam 07.00 – 19.00 WITA. Model Greenshield terpilih untuk analisis hubungan antar parameter tiap lengan. Lengan Polda pada hari Jumat dengan nilai determinasi (R²) tertinggi sebesar 0.6534. Pengaruh variasi durasi lampu merah per 5 detik mengakibatkan panjang antrian maksimum sebesar 47.89 meter. Lengan Santo Yoseph pada hari Jumat dengan nilai determinasi (R²) tertinggi sebesar 0.8143. Pengaruh variasi durasi lampu merah per 5 detik mengakibatkan panjang antrian maksimum sebesar 36.36 meter. Lengan RSUD pada hari Sabtu dengan nilai determinasi (R²) tertinggi sebesar 0.6562. Pengaruh variasi durasi lampu merah per 5 detik mengakibatkan panjang antrian maksimum sebesar 97.30 meter. Berdasarkan hasil survei, data yang digunakan dalam analisis merupakan data terpadat yaitu pada hari Senin dengan total volume kendaraan mencapai 3.867 kendaraan. Hasil analisis kinerja simpang pada hari Senin, 13 Februari 2023 memperoleh nilai LOS F dengan nilai LOS tiap lengan untuk Lengan Polda nilai LOS F, Lengan Santo Yoseph nilai LOS F, dan Lengan RSUD nilai LOS D. Hasil yang diperoleh perlu dilakukan beberapa alternatif pada simpang yaitu alternatif perubahan waktu siklus, pelebaran jalan, dan penambahan Slip Lane untuk meningkatkan kinerja kapasitas simpang
Downloads
Copyright (c) 2024 Gravenno Sahusilawane, Semuel Y. R. Rompis, Lucia I. R. Lefrandt
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.