Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mengejar Ketertinggalan Menuju Indonesia Maju
Abstract
Banyak negara termasuk Indonesia, menganggap menjadi negara maju sebagai tujuan utama, yang dapat dicapai melalui peningkatan kualitas pendidikan. Namun, Indonesia masih berada tertinggal dalam hal kualitas pendidikan jika dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara dan dunia. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia agar dapat mengejar ketertinggalan dan mencapai status sebagai Indonesia maju. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan melalui survei menggunakan kuesioner dan studi literatur. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji regresi menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara akses pendidikan, kualitas guru, dan sarana prasarana pendidikan dengan kualitas pendidikan di Indonesia. Sehingga strategi yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara signifikan
Downloads
Copyright (c) 2024 Sugiono Eksantoso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.