Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sematu Jaya Kabupaten Lamandau

  • Sriasih Sriasih Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Indonesia
  • Novianto Eko Wibowo Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Indonesia
Keywords: survey kepuasan masyarakat, persyaratan pelayanan, prosedur pelayanan

Abstract

Pemberian pelayanan publik yang baik akan menciptakan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Pemerintah perlu terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan publik dengan mengadopsi teknologi, memperbaiki proses-proses administratif, dan meningkatkan kompetensi pegawai dalam memberikan pelayanan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pengguna layanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sematu Jaya. Menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada masyarakat pengguna layanan. Tanggapan waktu, profesionalisme petugas, fasilitas, ketersediaan informasi, efisiensi dan efektivitas layanan, serta partisipasi masyarakat diidentifikasi sebagai variabel kunci dalam mengukur kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dapat dikatakan baik karena memiliki dampak yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Aspek-aspek tertentu, seperti tanggapan waktu dan partisipasi masyarakat, muncul sebagai faktor yang paling memengaruhi kepuasan. Rekomendasi praktis diajukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, termasuk pelatihan petugas dan peningkatan fasilitas, dengan harapan bahwa langkah-langkah ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap hubungan antara lembaga keagamaan dan masyarakat. Temuan penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pihak terkait dalam upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan keagamaan di Kecamatan Sematu Jaya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-20
Section
Articles