Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sematu Jaya Kabupaten Lamandau
Abstract
Pemberian pelayanan publik yang baik akan menciptakan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Pemerintah perlu terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan publik dengan mengadopsi teknologi, memperbaiki proses-proses administratif, dan meningkatkan kompetensi pegawai dalam memberikan pelayanan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pengguna layanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sematu Jaya. Menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada masyarakat pengguna layanan. Tanggapan waktu, profesionalisme petugas, fasilitas, ketersediaan informasi, efisiensi dan efektivitas layanan, serta partisipasi masyarakat diidentifikasi sebagai variabel kunci dalam mengukur kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dapat dikatakan baik karena memiliki dampak yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Aspek-aspek tertentu, seperti tanggapan waktu dan partisipasi masyarakat, muncul sebagai faktor yang paling memengaruhi kepuasan. Rekomendasi praktis diajukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, termasuk pelatihan petugas dan peningkatan fasilitas, dengan harapan bahwa langkah-langkah ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap hubungan antara lembaga keagamaan dan masyarakat. Temuan penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pihak terkait dalam upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan keagamaan di Kecamatan Sematu Jaya
Downloads
Copyright (c) 2024 Sriasih Sriasih, Novianto Eko Wibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.