Pendekatan Lesson Study pada Kegiatan Lokakarya Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Lelak Kabupaten Manggarai
Abstract
Pendekatan Lesson Study merupakan pendekatan pembelajaran kolaboratif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan kurikulum Merdeka pada satuan pendidikan. Tujuan kegiatan ini untuk menguatkan kapasitas guru-guru di SMAN 1 Lelak Kabupaten Manggarai dalam mengimplementasi Kurikulum Merdeka. Dari umpan balik setelah kegiatan berlangsung, tingkat partisipasi dan pemahaman 65 Guru SMA Negeri 1 Lelak terhadap tahapan Perencanaan Pembelajaran, Praktik Pembelajaran, Pengamatan Pembelajaran, Diskusi dan Analisis, sudah masuk dalam kategori “baik†(4,45) dari skala 1-4. Sementara tahapan Refleksi perbaikan dan Implementasi Lanjutan, praktik Lesson Study, masih dalam kategori “kurang baik†(3,6). Dalam hal ini, perlu ada upaya dari sekolah untuk meningkatkan kemampaun refleksi, perbaikan dan implementasi lanjutan dari para guru dalam kegiatan praktik pembelajaran di kelas. Jadi, pendekatan Lesson Study sangat efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan kurikulum bagi guru-guru di SMAN 1 Lelak Kabupaten Manggarai. Para guru-guru berhasil memperbaiki keterampilannya dalam menyusun perangkat ajar dan mengimplementasikannya dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang efektif melalui praktik Lesson Study. Kegiatan lokakarya yang diadakan dapat dijadikan contoh bagi sekolah-sekolah lain untuk menerapkan praktik Lesson Study dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan kurikulum yang lebih adaptif dan kolaboratif.
Downloads
Copyright (c) 2024 Marianus Tapung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.