Pendekatan Lesson Study pada Kegiatan Lokakarya Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Lelak Kabupaten Manggarai

  • Tidar University
  • Tidar University
  • Marianus Tapung Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, NTT, Indonesia

Abstract

Pendekatan Lesson Study merupakan pendekatan pembelajaran kolaboratif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan kurikulum Merdeka pada satuan pendidikan. Tujuan kegiatan ini untuk menguatkan kapasitas guru-guru di SMAN 1 Lelak Kabupaten Manggarai dalam mengimplementasi Kurikulum Merdeka. Dari umpan balik setelah kegiatan berlangsung, tingkat partisipasi dan pemahaman 65 Guru SMA Negeri 1 Lelak terhadap tahapan Perencanaan Pembelajaran, Praktik Pembelajaran, Pengamatan Pembelajaran, Diskusi dan Analisis, sudah masuk dalam kategori “baik†(4,45) dari skala 1-4. Sementara tahapan Refleksi perbaikan dan Implementasi Lanjutan, praktik Lesson Study, masih dalam kategori “kurang baik†(3,6). Dalam hal ini, perlu ada upaya dari sekolah untuk meningkatkan kemampaun refleksi, perbaikan dan implementasi lanjutan dari para guru dalam kegiatan praktik pembelajaran di kelas. Jadi, pendekatan Lesson Study sangat efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan kurikulum bagi guru-guru di SMAN 1 Lelak Kabupaten Manggarai. Para guru-guru berhasil memperbaiki keterampilannya dalam menyusun perangkat ajar dan mengimplementasikannya dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang efektif melalui praktik Lesson Study. Kegiatan lokakarya yang diadakan dapat dijadikan contoh bagi sekolah-sekolah lain untuk menerapkan praktik Lesson Study dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan kurikulum yang lebih adaptif dan kolaboratif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-30
Section
Articles