MANAGEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PENDEKATAN DAN MODEL INQUIRY) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI DESKRIPTIF DI KELAS VIII MTS AL MUSDARIYAH CIMAHI DAN MTS AL -MUSDARIYAH CINUNUK)

  • Ai Deudeu Maria Dewi

Abstract

Peneliti melaksanakan penelitian di MTs. Al Musdariyah Cimahi dan MTs. Al
Musdariyah Cinunuk Kabupaten Bandung dengan tujuan untuk mengetahui tentang
bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan
oleh guru PKN dalam menerapkan pendekatan dan model Inquiry, kendala –
kendala yang dihadapi, serta upaya yang dilakukan, dan hasil yang dicapai.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena ingin mengetahui
kondisi dan gambaran secara alami tentang pelaksanaan pembelajaran PKN
dengan penerapan pendekatan dan model Inquiry di kedua sekolah tersebut. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui studi dokumen, wawancara, observasi dan
catatan lapangan. Penelitian ini berawal dari asumsi bahwa Pembelajaran PKN
tidak terlepas dari peran manajemen pembelajaran dimana guru merencanakan,
melaksanakan dan mengevaluasi berbagai tindakan yang dilakukan dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran termasuk memenfaatkan berbagai media dan
pendekatan yang memudahkan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Hasil dari kegiatan pembelajaran PKN berbasis Inquiry adalah meningkatnya
aktifitas dan efektifitas pembelajaran PKN yang pada akhirnya berdampak pada
peningkatan prestasi belajar siswa secara signifikan. Kesimpulan dari penelitian
ini adalah pendekatan dan model Inquiry memberikan kemudahan bagi guru dan
siswa dalam mencapai tujuan yang diharapkan serta disarankan agar guru PKN
mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif baik dalam
perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-23
Section
Articles