“Pendampingan dan Pengembangan Inovasi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Toko Barokah Snack dan Jajanan Pasar Sariharjo Sleman”

  • Mokhtar Witono Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Zaenal Wafa Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Keywords: UMKM, Inovasi, Branding, Pemberdayaan, Brand Awarness

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menghadapi dampak dari kejadian pandemi Covid-19 yang terjadi kurun waktu 2023-2022. Diberlakukannya pembatasan mobilitas serta terjadinya penurunan daya beli masyarakat menjadi salah satu tantangan bahkan hambatan pelaku UMKM dalam menjalankan kegiatan usahanya. Salah satu peluang pelaku UMKM untuk bertahan di masa pendemi saat itu adalah dengan cara memaksimalkan penjualan Online. Sampai saat ini metode penjualan online menjadi cara alternatif yang mendorong berkembangnya UMKM. Akan tetapi tidak banyak pelaku UMKM yang sudah paham dengan metode penjualan Online ini. Oleh karena itu, perlu adanya usaha pemberdayaan masyarakat pelaku UMKM untuk memanfaatkan pasar online atau cara lain yang bisa melatih pelaku UMKM dalam membranding hasil produksinya menjadi produk unggulan. Dengan cara memanfaatkan dan mengelola media digital yang baik, diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk membeli produk-produk UMKM. Media digital yang bisa dimanfaatkan yaitu Facebook, Instagram, Youtube, WhatsApp, dan penyedia jasa pengantaran makanan GrabFood/Go-Food atau media lainnya. Para pengusaha juga bisa membangun brand awarness melalui metode offline yaitu dengan cara pengembangan dan inovasi pemasaran seperti promosi dengan membuat dan membagikan brosur, membuat daftar menu yang menarik atau membuat pricetag. Metode pendekatan yang digunakan dalam Praktik Kerja Lapangan kali ini yaitu dalam bentuk pandampingan tentang pengembangan inovasi usaha UMKM dengan metode observasi turun langsung ke lapangan. Kegiatan pendampingan UMKM ini dilaksanakan di lokasi Toko Barokah Snack dan Jajanan Pasar. Proses kegiatan Pendampingan UMKM dengan cara observasi dan wawancara kepada pelalu usaha agar bisa melihat dan mengetahui situasi usahanya saat ini pasca pandemi covid-19, penulis melakukan pendampingan dengan memberikan pemahan tentang pentingnya membangun branding yang tepat melalui inovasi-inovasi pemasaran yang sesuai dengan perkembangan jaman. Selain itu penulis melakukan pendampingan cara publikasi dan promosi produk serta membuat pricetag sebagai upaya melakukan brand awarness untuk Barokah Snack dan Jajanan Pasar.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-01
Section
Articles