“Pendampingan dan Pengembangan Inovasi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Toko Barokah Snack dan Jajanan Pasar Sariharjo Slemanâ€
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menghadapi dampak dari kejadian pandemi Covid-19 yang terjadi kurun waktu 2023-2022. Diberlakukannya pembatasan mobilitas serta terjadinya penurunan daya beli masyarakat menjadi salah satu tantangan bahkan hambatan pelaku UMKM dalam menjalankan kegiatan usahanya. Salah satu peluang pelaku UMKM untuk bertahan di masa pendemi saat itu adalah dengan cara memaksimalkan penjualan Online. Sampai saat ini metode penjualan online menjadi cara alternatif yang mendorong berkembangnya UMKM. Akan tetapi tidak banyak pelaku UMKM yang sudah paham dengan metode penjualan Online ini. Oleh karena itu, perlu adanya usaha pemberdayaan masyarakat pelaku UMKM untuk memanfaatkan pasar online atau cara lain yang bisa melatih pelaku UMKM dalam membranding hasil produksinya menjadi produk unggulan. Dengan cara memanfaatkan dan mengelola media digital yang baik, diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk membeli produk-produk UMKM. Media digital yang bisa dimanfaatkan yaitu Facebook, Instagram, Youtube, WhatsApp, dan penyedia jasa pengantaran makanan GrabFood/Go-Food atau media lainnya. Para pengusaha juga bisa membangun brand awarness melalui metode offline yaitu dengan cara pengembangan dan inovasi pemasaran seperti promosi dengan membuat dan membagikan brosur, membuat daftar menu yang menarik atau membuat pricetag. Metode pendekatan yang digunakan dalam Praktik Kerja Lapangan kali ini yaitu dalam bentuk pandampingan tentang pengembangan inovasi usaha UMKM dengan metode observasi turun langsung ke lapangan. Kegiatan pendampingan UMKM ini dilaksanakan di lokasi Toko Barokah Snack dan Jajanan Pasar. Proses kegiatan Pendampingan UMKM dengan cara observasi dan wawancara kepada pelalu usaha agar bisa melihat dan mengetahui situasi usahanya saat ini pasca pandemi covid-19, penulis melakukan pendampingan dengan memberikan pemahan tentang pentingnya membangun branding yang tepat melalui inovasi-inovasi pemasaran yang sesuai dengan perkembangan jaman. Selain itu penulis melakukan pendampingan cara publikasi dan promosi produk serta membuat pricetag sebagai upaya melakukan brand awarness untuk Barokah Snack dan Jajanan Pasar.
Downloads
Copyright (c) 2024 Mokhtar Witono, Zaenal Wafa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.