Strategi dan Cara Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika

  • Andi Hermawan Institut Agama Islam Depok (IAID) Al Karimiyah
  • Rinaldi SMK PGRI 2 Cibinong, Kabupaten Bogor
  • Sabrina Aulia Pratama SMK PGRI 2 Cibinong, Kabupaten Bogor
  • M. Teri Riyadi SMK PGRI 2 Cibinong, Kabupaten Bogor
Keywords: Kualitas Pembelajaran, Kompetensi Pedagogi, Efektivitas Projek Based Learning (PjBL), Kreativitas, Motivasi Berprestasi, Analisis SITOREM

Abstract

Intensitas keterkaitan sistemik dan sinergi guru, siswa, kurikulum dan bahan belajar, media, fasilitas, dan sistem pembelajaran dalam menghasilkan proses dan hasil belajar yang optimal sesuai dengan tuntutan kurikuler, inilah yang dimaksud dengan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran merupakan unsur penting terkait pencapaian tujuan pendidikan. Dari berbagai laporan perkembangan pendidikan, diketahui bahwa kualitas pembelajaran Mata Pelajaran Matematika pada SMK Swasta di Kabupaten Bogor belum sesuai yang diharapkan, baik tujuan pendidikan maupun tuntutan kompetensi. Oleh karena itu diperlukan penelitian guna mendapat informasi variabel-variabel terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan strategi dan cara peningkatan kualitas pembelajaran dengan cara melakukan penelitian pengaruh antara variabel kompetensi pedagogi, efektivitas projek based learning (PjBL), kreativitas, motivasi berprestasi dan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur (path analysis) untuk mengetahui pengaruh antar variabel yang diteliti dan metode SITOREM untuk analisis indikator guna memperoleh strategi dan cara peningkatan kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-25
Section
Articles