Strategi dan Cara Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika
Abstract
Intensitas keterkaitan sistemik dan sinergi guru, siswa, kurikulum dan bahan belajar, media, fasilitas, dan sistem pembelajaran dalam menghasilkan proses dan hasil belajar yang optimal sesuai dengan tuntutan kurikuler, inilah yang dimaksud dengan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran merupakan unsur penting terkait pencapaian tujuan pendidikan. Dari berbagai laporan perkembangan pendidikan, diketahui bahwa kualitas pembelajaran Mata Pelajaran Matematika pada SMK Swasta di Kabupaten Bogor belum sesuai yang diharapkan, baik tujuan pendidikan maupun tuntutan kompetensi. Oleh karena itu diperlukan penelitian guna mendapat informasi variabel-variabel terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan strategi dan cara peningkatan kualitas pembelajaran dengan cara melakukan penelitian pengaruh antara variabel kompetensi pedagogi, efektivitas projek based learning (PjBL), kreativitas, motivasi berprestasi dan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur (path analysis) untuk mengetahui pengaruh antar variabel yang diteliti dan metode SITOREM untuk analisis indikator guna memperoleh strategi dan cara peningkatan kualitas pembelajaran.
Downloads
Copyright (c) 2023 Andi Hermawan, Rinaldi, Sabrina Aulia Pratama, M. Teri Riyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.