Optimasi Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

  • Andi Hermawan Institut Agama Islam Depok (IAID) Al Karimiyah
  • Faisal Elsaudi Universitas KH. Abdul Chalim, Mojokerto
  • Muhamad Alwi Universitas Ibnu Chaldun, Jakarta
Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Implementasi Model Cooperative Learning, Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Berprestasi, Analisis SITOREM

Abstract

Kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur untuk mengubah perilaku siswa kearah yang positif dan lebih baik dengan potensi dan perbedaan yang dimiliki siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, inilah yang dimaksud dengan efektivitas pembelajaran. Efektivitas pembelajaran merupakan unsur penting terkait pencapaian tujuan pendidikan. Mata pelajaran agama adalah pembelajaran yang selalu menjadi tolok ukur perilaku dan sikap, diketahui bahwa efektivitas pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMK Swasta di Kabupaten Bogor belum sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu diperlukan penelitian guna mendapat informasi variabel-variabel terkait dengan peningkatan efektivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan strategi dan cara peningkatan efeltivitas pembelajaran dengan cara melakukan penelitian pengaruh antara variabel implementasi model cooperative learning, kepemimpinan transformasional dan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur untuk mengetahui pengaruh antar variabel yang diteliti dan metode SITOREM untuk analisis indikator guna memperoleh strategi dan cara peningkatan efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa efektivitas pembelajaran dapat ditingkatkan melalui penguatan variabel-variabel yang berpengaruh positif, termasuk kepemimpinan transformasional, implementasi model cooperative learning, dan motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-09-25
Section
Articles