Optimasi Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur untuk mengubah perilaku siswa kearah yang positif dan lebih baik dengan potensi dan perbedaan yang dimiliki siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, inilah yang dimaksud dengan efektivitas pembelajaran. Efektivitas pembelajaran merupakan unsur penting terkait pencapaian tujuan pendidikan. Mata pelajaran agama adalah pembelajaran yang selalu menjadi tolok ukur perilaku dan sikap, diketahui bahwa efektivitas pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMK Swasta di Kabupaten Bogor belum sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu diperlukan penelitian guna mendapat informasi variabel-variabel terkait dengan peningkatan efektivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan strategi dan cara peningkatan efeltivitas pembelajaran dengan cara melakukan penelitian pengaruh antara variabel implementasi model cooperative learning, kepemimpinan transformasional dan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur untuk mengetahui pengaruh antar variabel yang diteliti dan metode SITOREM untuk analisis indikator guna memperoleh strategi dan cara peningkatan efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa efektivitas pembelajaran dapat ditingkatkan melalui penguatan variabel-variabel yang berpengaruh positif, termasuk kepemimpinan transformasional, implementasi model cooperative learning, dan motivasi belajar.
Downloads
Copyright (c) 2023 Andi Hermawan, Faisal Elsaudi, Muhamad Alwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.