Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Melalui Model Pembelajaran Jigsaw pada Siswa Kelas V SD Negeri 071172 Fabaliwa
Abstract
Hasil belajar merupakan komponen yang menilai keberhasilan proses belajar mengajar, sehingga guru Pendidikan Agama Kristen harus menerapkan model pembelajaran yang efektif, dinamis dan kreatif. Untuk mengetahui keberhasilan hasil belajar maka dilakukan evaluasi hasil belajar siswa dalam bentuk penilaian. Metode pembelajaran yang mononton pada guru akan menurunkan motivasi siswa dalam mengikuti proses belajar. Model pembelajaran Jigsaw adalah tipe pembelajaran yang efektif dan dinamis, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena siswa termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen tentang Aku mau bertobat pada siswa Kelas V SD Negeri 071172 Fabaliwa. Penelitian ini menggunakan rancangan PTKK (Penelitian Tindakan Kelas Kolaborasi) dengan jumlah sampel 36 responden. Hasil penelitian didapatkan adanya peningkatkan hasil belajar Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatakan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai yang cukup signifikan yaitu dari siklus I ke siklus II sebesar 19%. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam upaya memahami materi Aku mau bertobat pada siswa Kelas V SD Negeri 071172 Fabaliwa berhasil dengan baik, sehingga guru mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam menyajikan materi Aku mau bertobat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sangat menarik minat siswa.
Downloads
Copyright (c) 2024 Antoniat Duha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.