Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Melalui Model Pembelajaran Jigsaw pada Siswa Kelas V SD Negeri 071172 Fabaliwa

  • Antoniat Duha Institut Agama Kristen Negeri Ambon, Indonesia.
  • Mila Soselisa Institut Agama Kristen Negeri Ambon, Indonesia.
  • Samel Sopakua Institut Agama Kristen Negeri Ambon, Indonesia.
Keywords: Jigsaw, PAK, Hasil belajar

Abstract

Hasil belajar merupakan komponen yang menilai keberhasilan proses belajar mengajar, sehingga guru Pendidikan Agama Kristen harus menerapkan model pembelajaran yang efektif, dinamis dan kreatif. Untuk mengetahui keberhasilan hasil belajar maka dilakukan evaluasi hasil belajar siswa dalam bentuk penilaian. Metode pembelajaran yang mononton pada guru akan menurunkan motivasi siswa dalam mengikuti proses belajar. Model pembelajaran Jigsaw  adalah tipe pembelajaran yang efektif dan dinamis, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena siswa termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Jigsaw  dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen tentang Aku mau bertobat pada siswa Kelas V SD Negeri 071172 Fabaliwa. Penelitian ini menggunakan rancangan PTKK (Penelitian Tindakan Kelas Kolaborasi) dengan jumlah sampel 36 responden. Hasil penelitian didapatkan adanya peningkatkan hasil belajar Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw  dapat meningkatakan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai yang cukup signifikan yaitu dari siklus I ke siklus II sebesar 19%. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw  dalam upaya memahami materi Aku mau bertobat pada siswa Kelas V SD Negeri 071172 Fabaliwa berhasil dengan baik, sehingga guru mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam menyajikan materi Aku mau bertobat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw  sangat menarik minat siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-30
Section
Articles