STUDI DESKRIPTIF PROGRAM TAHSIN AL-QUR’AN METODE TASHILI DI LEMBAGA PENGEMBANGAN DAKWAH (LPD) AL-BAHJAH KABUPATEN CIREBON

  • Taufik Ridwan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan tahsin Al-Qur’an dengan menggunakan metode Tashili di LPD Al-Bahjah Cirebon, berkaitan dengan materi, langkah-langkah, metode, pendekatan, dan evaluasi pembelajarannya. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian lapangan dengan mengambil tempat penelitian di LPD Al-Bahjah yang berada di kelurahan Sendang kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon provinsi Jawa Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, lalu penyajian data, dan akhirnya data yang sudah terkumpul dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tahsin Al-Qur’an dengan menggunakan metode Tashili terdiri dari 5 jilid, yaitu jilid 1, jilid 2, jilid 3, jilid 4, dan jilid 5. Pendekatan yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan Individual, Klasikal Individual, Kalsikal Baca Simak, Klasikal Baca Simak Murni, Dan Klasikal Baca Simak Menirukan. Tahapan pembelajaran dilakukan dengan 7 hal, yaitu infitah, Gali, Tanam, Siram, Subur, Panen, dan Penutup. Evaluasi yang digunakan adalah tes masuk atau placement test, tes harian, dan tes kenaikan jilid.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-27
Section
Articles