Peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Tanjung Gusta Medan dalam Memberikan Pembinaan Anak Pelaku Tindak Pidana

  • Dewi Ervina Suryani Fakultas Hukum Universitas Prima Indoensia
  • Melvin Rionald Habeahan Fakultas Hukum Universitas Prima Indoensia
  • Immanuel Anugerah Rasidin Purba Fakultas Hukum Universitas Prima Indoensia
  • Juanda Risky Siagian Fakultas Hukum Universitas Prima Indoensia
Keywords: Anak, Pembinaan, Lembaga Pembinaan Khusus Anak

Abstract

Tujuan peneitian ini adalah agar mengetahui pemenuhan hak-hak narapidana anak Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak Kelas I Medan Untuk mengetahui bagaimana pemenuhan hak-hak narapidana anak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang pemasyarakatan. Jenis dan sifat penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif dengan menggunakan data sekunder yang terdiri dari hukum primer, sekunder, tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode library research. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan data kualitatif serta didukung dengan data wawancara yang dideskripsikan sehingga dapat ditarik kesimpulan secara deduktif. Dari penelitian ini diperoleh bahwa Peranan Petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) KELAS I Tanjung Gusta dalam memberikan pembinaan terhadap anak pelaku tindak pidana cukup berjalan dengan baik dan sudah dapat dikatakan efektif hal tersebut dapat dilihat dari sikap anak yang mau mengikuti kegiatan pembinaan yang telah diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-23
Section
Articles