Studi Literatur Sikap Dosen dalam Mendukung Keberhasilan Pendidikan Tinggi Vokasi (PTV)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sikap dosen terhadap pendidikan vokasi dan dampaknya terhadap keberhasilan praktek pendidikan vokasi. Pendidikan vokasi merupakan program pemerintah, dimana pendidikan vokasi ini adalah pendidikan yang menunjang pada peningkatan keahlian yang merupakan fokus pemerintah terhadap pendidikan keterampilan khususnya keterampilan pembekalan siap kerja. Penelitian menggunakan metode studi literature review dengan teknik analisis deskriptif. digunakan untuk mengumpulkan data. Terdapat 11 jurnal dalam kurun waktu 5 tahun terakhir yang memenuhi kriteria erdasarkan hasil penelitian, pendidikan karakter sudah diajaransejak usia dini, sehingga pendidikan karakter pada pendidikan tinggi berada pada tahap penguatan. Metode yang digunakan dalam memberikan pelatihan sikap dosen pada PendidikanTinggi Vokasi ( PTV) adalah dengan pendidikan sikap yang dilakukan oleh seluruh sivitas akademika. Pendidikan sikap pada PTV lebih fleksibel karena kurikulum pada PTV menyesuaikan kebutuhan stake holder ( rumah sakit atau bidang kesehatan).
Downloads
Copyright (c) 2024 Samsun, Neti Karnati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.