Hubungan antara Brand Communication, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty
Abstract
Brand Loyalty merupakan pusat dari sebuah strategi marketing untuk mengembangkan dan mempertahankan konsumen, terlebih pada layanan kesehatan yang perkembangannya semakin cepat saat ini, sehingga mendorong entit as layanan kesehatan untuk selalu melakukan inovasi tanpa henti agar bisa tetap mempertahankan loyalitas pasien dalammenggunakan pelayanannya. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran brand communication,brand image,dan brand trust terhadap brand loyalty. Perbedaan dengan penelitian terdahulu yaitu penelitian ini meneliti pada layanan kesehetan, sedangkan penelitian sebelumnya pada non kesehatan. Penelitian dilakukan dengan survei yang menggunakan kuesioner yang disebarkan pada bulan November-Desember 2020 di mana responden yang digunakan sebanyak 210 pasien di Klinik Siloam Daan Mogot Data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Model(SEM). Hasil penelitian menunjukkan pentingnya melibatkan berbagai media sosial dalam melakukan kebijakan pemasaran di Klinik Siloam Daan Mogot. Hasil penelitian baik secara simultan dan parsial menunjukkan adanya hubungan antara tiap variabel. Implikasi penelitian ini secara teoritis dapat membantu penelitian-penelitian berikutnya. Dan secara manajerial dapat meningkatkan efektivitas tiap variabel dalam mencapai brand loyalty.
Downloads
Copyright (c) 2024 Fifi Tandion
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.