Hubungan antara Brand Communication, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty

  • Fifi Tandion Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul, Jakarta
  • Tantri Yanuar R. Syah Fakultas Ekonomi, Universitas Esa Unggul, Jakarta
  • Kemala Rita Wahidi Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul, Jakarta
Keywords: brand communication, brand image, brand trust, brand loyalty

Abstract

Brand Loyalty merupakan pusat dari sebuah strategi marketing untuk mengembangkan dan mempertahankan konsumen, terlebih pada layanan kesehatan yang perkembangannya semakin cepat saat ini, sehingga mendorong entit as layanan kesehatan untuk selalu melakukan inovasi tanpa henti agar bisa tetap mempertahankan loyalitas pasien dalammenggunakan pelayanannya. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran brand communication,brand image,dan brand trust terhadap brand loyalty. Perbedaan dengan penelitian terdahulu yaitu penelitian ini meneliti pada layanan kesehetan, sedangkan penelitian sebelumnya pada non kesehatan. Penelitian dilakukan dengan survei yang menggunakan kuesioner yang disebarkan pada bulan November-Desember 2020 di mana responden yang digunakan sebanyak 210 pasien di Klinik Siloam Daan Mogot Data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Model(SEM). Hasil penelitian menunjukkan pentingnya melibatkan berbagai media sosial dalam melakukan kebijakan pemasaran di Klinik Siloam Daan Mogot. Hasil penelitian baik secara simultan dan parsial menunjukkan adanya hubungan antara tiap variabel. Implikasi penelitian ini secara teoritis dapat membantu penelitian-penelitian berikutnya. Dan secara manajerial dapat meningkatkan efektivitas tiap variabel dalam mencapai brand loyalty.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-13
Section
Articles