Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Repurchase Intention yang Dimediasi oleh Brand Image Produk Sabun Mandi Merek Lifebuoy di Kota Bandung

  • Riandi Pratama Fakultas Ekonomi Dan Bisnis , Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi
  • Abdul Ahmad Hafidh Nurmansyah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis , Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi
Keywords: Electronic word of mouth, brand image, repurchase intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari electronic word of mouth terhadap repurchase intention dengan brand image produk sabun mandi merek Lifebuoy sebagai mediator, khususnya di Kota Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan telah melewati uji validitas dan reliabilitas. Alat pengumpulan data ini digunakan untuk mewawancarai responden berusia 17-40 tahun yang telah berpengalaman melakukan pembelian dan menggunakan sabun mandi merek Lifebuoy. Sebanyak 119 responden berpartisipasi dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah cross-sectional atau one shot study. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, uji normalitas, regresi sederhana, regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 24, dan penggunaan uji sobel. Dari empat hipotesis yang diajukan, dua di antaranya diperkuat oleh temuan empiris. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa electronic word of mouth berpengaruh langsung terhadap brand image dan repurchase intention. Sementara itu, konsep lain yang dapat secara langsung memengaruhi niat untuk membeli kembali dapat dijelaskan oleh penelitian mendatang. Implikasi temuan ini dapat memberikan manfaat bagi perusahaan atau manajer produk yang dievaluasi, yaitu sabun mandi merek Lifebuoy, dan industri serupa, terkait dengan perancangan strategi yang relevan untuk meningkatkan kualitas atribut tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-23
Section
Articles