Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Repurchase Intention yang Dimediasi oleh Brand Image Produk Sabun Mandi Merek Lifebuoy di Kota Bandung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari electronic word of mouth terhadap repurchase intention dengan brand image produk sabun mandi merek Lifebuoy sebagai mediator, khususnya di Kota Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan telah melewati uji validitas dan reliabilitas. Alat pengumpulan data ini digunakan untuk mewawancarai responden berusia 17-40 tahun yang telah berpengalaman melakukan pembelian dan menggunakan sabun mandi merek Lifebuoy. Sebanyak 119 responden berpartisipasi dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah cross-sectional atau one shot study. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, uji normalitas, regresi sederhana, regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 24, dan penggunaan uji sobel. Dari empat hipotesis yang diajukan, dua di antaranya diperkuat oleh temuan empiris. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa electronic word of mouth berpengaruh langsung terhadap brand image dan repurchase intention. Sementara itu, konsep lain yang dapat secara langsung memengaruhi niat untuk membeli kembali dapat dijelaskan oleh penelitian mendatang. Implikasi temuan ini dapat memberikan manfaat bagi perusahaan atau manajer produk yang dievaluasi, yaitu sabun mandi merek Lifebuoy, dan industri serupa, terkait dengan perancangan strategi yang relevan untuk meningkatkan kualitas atribut tersebut.
Downloads
Copyright (c) 2024 Riandi Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.