Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Merevitalisasi Moral Siswa Kristen pada SD Inpres 54 Nania

  • Yotam Tabongke IAKN Ambon, Indonesia
  • Lucia Iriani Sainyakit IAKN Ambon, Indonesia
  • Samel Sopakua IAKN Ambon, Indonesia
Keywords: Strategi guru, PAK, Merevitalisasi Moral

Abstract

Pendidikan Agama Kristen disekolah  pada dasarnya bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan sosial dan pribadi peserta didik agar ia tumbuh mengenal Allah Tritunggal berserta karya-Nya. Pendidikan Kristen dilaksanakan di sekolah memiliki tujuan yang jelas. Tujuan PAK bukanlah pergumulan kini tetapi berlangsung dalam sejarah kekristenan. Di mana ada komunitas Kristen di sana berlangsung proses pergumulan itu. Faktor yang amat penting dalam mencapai keberhasilan Pendidikan Kristen di sekolah ialah guru Pendidikan Agama Kristen. Oleh karena itu seorang guru Pendidikan Agama Kristen dalam memenuhi panggilannya haruslah terus memperlengkapi diri agar menjadi alat yang berguna ditangan Tuhan. Fenomena yang terjadi di SD Inpres 54 Nania yaitu adanya siswa kristen yang melakukan pelanggaran moral “mengambil Barang Orang lain yang bukan miliknya†Oleh karena itu Guru Pendidikan Agama Kristen mencari strategi dalam pengajaran PAK dalam merevitalisasi moral siswa kristen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisi data yang digunakan adalah trianggulasi data dengan Teknik pengumpulan data yaitu wawancara,observasi lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bagaimana strategi yang dibangun Guru PAK dalam merevitalisai moral siswa Kristen dengan memperkuat keyakinan iman dalam kebenaran didalam Yesus kristus dengan cara menanamkan nilai-nilai kristiani yang luhur dan karya Allah. Guru juga merupakan factor dalam memaikan perananya sebagai sosok yang dapat diteladani dan dapat memberikan dampak positif bagi siswa Kristen. Guru Pendidkan Agama Kristen melakukan Pendekatan secara personal  ketika siswa Kristen mengalami permasalahan baik dalam kesulitan belajar dan pelanggaran moral baik dalam proses pembelajaran maupun diluar proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-05
Section
Articles