Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Merevitalisasi Moral Siswa Kristen pada SD Inpres 54 Nania
Abstract
Pendidikan Agama Kristen disekolah pada dasarnya bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan sosial dan pribadi peserta didik agar ia tumbuh mengenal Allah Tritunggal berserta karya-Nya. Pendidikan Kristen dilaksanakan di sekolah memiliki tujuan yang jelas. Tujuan PAK bukanlah pergumulan kini tetapi berlangsung dalam sejarah kekristenan. Di mana ada komunitas Kristen di sana berlangsung proses pergumulan itu. Faktor yang amat penting dalam mencapai keberhasilan Pendidikan Kristen di sekolah ialah guru Pendidikan Agama Kristen. Oleh karena itu seorang guru Pendidikan Agama Kristen dalam memenuhi panggilannya haruslah terus memperlengkapi diri agar menjadi alat yang berguna ditangan Tuhan. Fenomena yang terjadi di SD Inpres 54 Nania yaitu adanya siswa kristen yang melakukan pelanggaran moral “mengambil Barang Orang lain yang bukan miliknya†Oleh karena itu Guru Pendidikan Agama Kristen mencari strategi dalam pengajaran PAK dalam merevitalisasi moral siswa kristen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisi data yang digunakan adalah trianggulasi data dengan Teknik pengumpulan data yaitu wawancara,observasi lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bagaimana strategi yang dibangun Guru PAK dalam merevitalisai moral siswa Kristen dengan memperkuat keyakinan iman dalam kebenaran didalam Yesus kristus dengan cara menanamkan nilai-nilai kristiani yang luhur dan karya Allah. Guru juga merupakan factor dalam memaikan perananya sebagai sosok yang dapat diteladani dan dapat memberikan dampak positif bagi siswa Kristen. Guru Pendidkan Agama Kristen melakukan Pendekatan secara personal ketika siswa Kristen mengalami permasalahan baik dalam kesulitan belajar dan pelanggaran moral baik dalam proses pembelajaran maupun diluar proses pembelajaran.
Downloads
Copyright (c) 2024 Antoniat Duha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.