Pemanfaatan Program Kepedulian Guru dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif

  • Septiyani Endang Yunitasari Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Tutin Rahayu Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Panca Sakti Bakasi
  • Hotijah Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Panca Sakti Bakasi
  • Entri Mardiyanti Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Panca Sakti Bakasi
  • Annisa Hakim Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Panca Sakti Bakasi
Keywords: Kepedulian Guru, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi

Abstract

Berbagai permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru dalam mendidik anak-anak berkebutuhan khusus di lingkungan sekolah inklusif sangatlah komplek. Penelitian ini membahas Program Kepedulian Guru dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi strategi dan pendekatan yang digunakan oleh guru untuk memfasilitasi pembelajaran efektif bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus dalam konteks sekolah inklusif. Penelitian menggunakan metode kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik yang digunakan dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Kepedulian Guru berperan penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung keberhasilan anak-anak berkebutuhan khusus. Dalam konteks ini, penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktis tentang bagaimana guru dapat lebih efektif mengelola diversitas dalam kelas inklusif, serta implikasinya terhadap pengembangan kebijakan pendidikan inklusif secara lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-01
Section
Articles