Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Integrasi Mata Pelajaran Fikih dan Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) di Sma Muhammadiyah Purwodadi
Abstract
Penguatan nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui integrasi mata pelajaran fikih dan mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (PKWU). Dalam pendidikan masyarakat, terjadi dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum yang rasa susah berjalan berdampingan. Hal ini menyebabkan kesalahpahaman dan terkotak-kotaknya pengetahuan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu; reduksi data, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa, penguatan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam integrasi mata pelajaran fikih dan mata pelajaran PKWU dapat berjalan dengan baik dengan tujuan menyiapkan peserta didik untuk menjadi wirausahawan yang mempunyai karakter islami. Hal ini terlihat dari dari terinternalisasinya nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mata pelajaran PKWU, khususnya pada materi prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran dan produk yang dihasilkan peserta didik pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan serta prinsip-prinsip yang diajarkan. Selain itu juga terdapat kegiatan marketing day dan bazar makanan tradisional yang diselenggarakan sesuai syari’at islam di SMA Muhammadiyah Purwodadi.
Downloads
Copyright (c) 2024 Muhamad Mahfud Amin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.