Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Integrasi Mata Pelajaran Fikih dan Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) di Sma Muhammadiyah Purwodadi

  • Muhamad Mahfud Amin Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: PAI, Fikih, Integrasi, Prakarya dan Kewirausahaan

Abstract

Penguatan nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui integrasi mata pelajaran fikih dan mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan (PKWU). Dalam pendidikan masyarakat, terjadi dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum yang rasa susah berjalan berdampingan. Hal ini menyebabkan kesalahpahaman dan terkotak-kotaknya pengetahuan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu; reduksi data, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa, penguatan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam integrasi mata pelajaran fikih dan mata pelajaran PKWU dapat berjalan dengan baik dengan tujuan menyiapkan peserta didik untuk menjadi wirausahawan yang mempunyai karakter islami. Hal ini terlihat dari dari terinternalisasinya nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mata pelajaran PKWU, khususnya pada materi prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran dan produk yang dihasilkan peserta didik pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan serta prinsip-prinsip yang diajarkan. Selain itu juga terdapat kegiatan marketing day dan bazar makanan tradisional yang diselenggarakan sesuai syari’at islam di SMA Muhammadiyah Purwodadi. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-01
Section
Articles