Peningkatan Kemampuan Guru Bimbingan Konseling dalam Memberikan Bimbingan Melalui Pemantauan Kerja Mingguan
Abstract
Bimbingan dan konseling (BK) merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan yang bertujuan untuk membantu peserta didik mengembangkan potensinya secara optimal. Guru BK merupakan salah satu tenaga pendidik yang berperan penting dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan kemampuan guru BK dalam memberikan bimbingan melalui pemantauan kerja mingguan di SMPN 2 Kedungtuban, tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni dengan observasi, studi literatur dan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemantauan kerja mingguan dapat meningkatkan kemampuan guru BK dalam memberikan bimbingan dan konseling. Pemantauan kerja mingguan dapat memberikan umpan balik kepada guru BK mengenai pelaksanaan tugas dan fungsinya. Umpan balik yang diberikan oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dapat digunakan oleh guru BK untuk memperbaiki pelaksanaan tugas dan fungsinya. Dengan demikian, kemampuan guru BK dalam memberikan bimbingan dan konseling dapat meningkat.
Downloads
Copyright (c) 2023 Kusmini Kusmini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.