Efektivitas Penggunaan Media Bowling Economics untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media pembelajaran bowling economics pada mata pelajaran ekonomi materi teori pertumbuhan ekonomi. Metode penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah mixed method dengan model sequential explanatory design. Data dikumpulkan dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Keefektifan media pembelajaran dievaluasi berdasarkan hasil post-test, dengan mempertimbangkan tingkat ketuntasan klasikal, dan berdasarkan observasi dan wawancara pengalaman peserta didik. Hasilnya menunjukkan bahwa seluruh peserta didik berhasil mencapai nilai di atas rata-rata mimimal kelas, yang merupakan standar untuk mendapatkan nilai B, dan mencapai gain skor kategori sedang. Dari temuan ini, disimpulkan bahwa media pembelajaran bowling economics mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Studi ini merekomendasikan agar penelitian lebih lanjut dilakukan dengan cakupan yang lebih luas dan konten yang lebih mendalam, untuk terus memperbaiki dan mengembangkan media pembelajaran yang digunakan di dalam kelas.
Downloads
Copyright (c) 2023 Devi Pancasari, Farikh Noufal Mukhammad, Indah Setyo Pratiwi, Nabilah Azzah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.