Dukungan Lokasi dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di SPBU A Yani Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lokasi terhadap kepuasan pelanggan di SPBU A Yani Surabaya. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi pandangan pelanggan terkait lokasi SPBU dan faktor-faktor lain yang memengaruhi keputusan mereka untuk melakukan pengisian bahan bakar di tempat tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi SPBU A Yani Surabaya dianggap strategis oleh pelanggan, dengan pelanggan yang menyatakan bahwa lokasi tersebut memenuhi kebutuhan dan harapan mereka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada perusahaan SPBU untuk mempertahankan dan meningkatkan lokasi strategis, serta menambah fasilitas yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut tentang faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan di industri SPBU dan dapat membantu perusahaan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk mempertahankan keunggulan kompetitif mereka di pasar yang semakin ketat.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.