EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDIT ALFALAH KOTA CIREBON
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran tahfidzul quran dalam meningkatkan motivasi belajar
peserta didik, dan evaluasi pembelajaran tahfidzul quran dalam meningkatkan
motivasi belajar peserta didik di SDIT Al-Falah kota Cirebon. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif deskriptif evaluatif.
Subjek yang diteliti adalah kepala sekolah, wakasek kurikulum, koordinator
tahfidz, guru tahfidz, siswa kelas IV dan siswa ke las V. Teknik pengumpulan data
dengan cara observasi, wawancara semistruktur dan dokumentasi. Teknik
pengolahan data dilakukan dengan mereduksi data, mendisplay data dan
menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan
triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitain menunjukkan bahwa
evaluasi program tahfidzul quran di SDIT Al-Falah kota Cirebon adalah; (1)
Perencanaannya melalui visi misi sekolah yang salah satunya adalah pendidikan
yang berlandaskan quran dan sunnah dan menjadikan pembelajaran tahfidzul
quran sebagai mata pelajaran unggulan. (2) Pelaksanaannya adalah dengan cara
setoran hafalan, tahsin tilawah, tasmi’, muroja’ah, dan test dadakan dan . (3)
Evaluasinya dilakukan dengan cara evaluasi per-juz, evaluasi per-surat, evaluasi
sima’an, evaluasi mingguan, evaluasi bulanan dan evaluasi khusus.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.