EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDIT ALFALAH KOTA CIREBON

  • Arif Rohman Hakim

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran tahfidzul quran dalam meningkatkan motivasi belajar
peserta didik, dan evaluasi pembelajaran tahfidzul quran dalam meningkatkan
motivasi belajar peserta didik di SDIT Al-Falah kota Cirebon. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif deskriptif evaluatif.
Subjek yang diteliti adalah kepala sekolah, wakasek kurikulum, koordinator
tahfidz, guru tahfidz, siswa kelas IV dan siswa ke las V. Teknik pengumpulan data
dengan cara observasi, wawancara semistruktur dan dokumentasi. Teknik
pengolahan data dilakukan dengan mereduksi data, mendisplay data dan
menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan
triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitain menunjukkan bahwa
evaluasi program tahfidzul quran di SDIT Al-Falah kota Cirebon adalah; (1)
Perencanaannya melalui visi misi sekolah yang salah satunya adalah pendidikan
yang berlandaskan quran dan sunnah dan menjadikan pembelajaran tahfidzul
quran sebagai mata pelajaran unggulan. (2) Pelaksanaannya adalah dengan cara
setoran hafalan, tahsin tilawah, tasmi’, muroja’ah, dan test dadakan dan . (3)
Evaluasinya dilakukan dengan cara evaluasi per-juz, evaluasi per-surat, evaluasi
sima’an, evaluasi mingguan, evaluasi bulanan dan evaluasi khusus.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-27
Section
Articles