IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DI PT BANK YUDHA BHAKTI CABANG CIREBON
Abstract
Etika dan aktivitas bisnis adalah dua hal yang saling berkaitan. Aktivitas bisnis
adalah aktivitas yang berkaitan dengan hal-hal yang bersifat material. Bisnis yang
beretika menjadi tolak ukur kredibilitas perusahaan. Banyaknya praktek
keterpaksaaan, tidak amanah dan tidak adanya transparansi dalam bisnis dapat
menjadi faktor pemicu melambatnya pertumbuhan perusahaan. Terutama bisnis
perbankan yang menjadikan kepercayaan sebagai modal utama. Etika bisnis
maupn etika bisnis Islam tentunya masing-masing memiliki prinsip khusus yang
berbeda. Prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam yaitu prinsip
manfaat/keuntungan (taba‟dulul manafi), Prinsip pemerataan (distributif), Prinsip
saling ridha („an tara‟din), Prinsip meniadakan unsur maghadir (adamul
maghadir), prinsip tolong menolong dalam kebenaran dan taqwa (al-birr wa altaqwa), Prinsip Kerjasama (Musyarakah), dan prinsip pend okumentasian
(kitabiyah). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif
deskriptif yaitu suatu metode yang berusaha untuk menyajikan data dan fakta -fakta
yang sesungguhnya Istentang implementasi etika bisnis Islam di PT Bank Yudha
Bhakti Cabang Cirebon dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Subjek yang diteliti adalah Kepala Operasional, Account Officer dan Customer
Service Officer serta nasabah Bank Yudha Bhakti Cabang Cirebon. Berdasarkan
hasil penelitian, ditemukan bahwa dalam menjalankan kegiatan bisnis dan
operasional sehari-hari PT Bank Yudha Bhakti Cabang Cirebon menerapkan
prinsip-prinsip khusus yang terdapat dalam etika bisnis Islam terutama dalam hal
yang berkaitan dengan operasional bisnis. Perusahaan juga menekankan
transparansi bisnis, kehalalan bisnis nasabah dan keridhoan kepada para
nasabahnya. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan
perusahaan, baik secara omset, brand identity maupun kompetisi. Serta yang
paling utama adalah terdapat nilai-nilai religius Islam yang tergambar dalam
operasional Bank Yudha Bhakti.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat
kesamaan dalam implementasi prinsip-prinsip etika bisnis Islam di PT Bank Yudha
Cirebon. Meskipun tidak semua prinsip terpenuhi, namun hal ini cukup
menggambarkan bahwa terdapat prinsip etika bisnis Islam yang di
implementasikan pada perbankan yang berlabel non Islam.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.