Efektivitas Media Pelatihan Flipbook Digital Variasi Roti Manis Terhadap Hasil Pengetahuan Peserta Pelatihan

  • Alif Putri Diajengsari Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  • Guspri Devi Artanti Universitas Negeri Jakarta
  • Cucu Cahyana Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Flipbook, Pastry Bakery, Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penerapan media pelatihan flipbook digital variasi roti manis terhadap hasil pengetahuan peserta pelatihan. Pengukuran efektivitas ini dilakukan di Laboratorium Pastry Bakery, Program Studi Pendidikan Tata Boga yang berada di Gedung H, Universitas Negeri Jakarta. Penggunaan metode pada penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan sampel 20 orang peserta pelatihan roti. Data dikumpulkan dengan mengisi instrumen penelitian soal pre-test dan post-test pilihan ganda 30 butir soal. Butir soal telah di uji validitas sehingga diperoleh hasil valid pada tiap butir dengan nilai lebih besar atau sama dengan 0,3; kemudian dilakukan uji reliabilitas dengan hasil sangat reliabel sebesar 0,95; dan diuji taraf kesukaran butir soal yang diperoleh hasil 7 butir pada kategori kesukaran sedang serta 23 butir pada kategori kesukaran mudah. Hasil pengujian persyaratan analisis uji normalitas diperoleh hasil signifikansi P pre-test 0,34 dan post-test 0,40 data tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh hasil signifikansi P pre-test 0,73 dan post-test 0,36 data tersebut memiliki varians data homogen. Hasil teknik analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 54,83 dan nilai rata-rata post-test sebesar 84,33 artinya terdapat selisih nilai sebesar 29,5. Uji hipotesis paired sample T test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001 serta uji N-gain menghasilkan skor sebesar 0,67. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media pelatihan flipbook digital variasi roti manis dinilai efektif terhadap hasil pengetahuan peserta pelatihan karena terdapat peningkatan pengetahuan secara signifikan dari hasil pre-test dan post-test yang telah diuji dengan paired sample T dalam kategori sedang yang diperoleh dari hasil uji N-gain.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Guspri Devi Artanti, Universitas Negeri Jakarta

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penerapan media pelatihan flipbook digital variasi roti manis terhadap hasil pengetahuan peserta pelatihan. Pengukuran efektivitas ini dilakukan di Laboratorium Pastry Bakery, Program Studi Pendidikan Tata Boga yang berada di Gedung H, Universitas Negeri Jakarta. Penggunaan metode pada penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan sampel 20 orang peserta pelatihan roti. Data dikumpulkan dengan mengisi instrumen penelitian soal pre-test dan post-test pilihan ganda 30 butir soal. Butir soal telah di uji validitas sehingga diperoleh hasil valid pada tiap butir dengan nilai lebih besar atau sama dengan 0,3; kemudian dilakukan uji reliabilitas dengan hasil sangat reliabel sebesar 0,95; dan diuji taraf kesukaran butir soal yang diperoleh hasil 7 butir pada kategori kesukaran sedang serta 23 butir pada kategori kesukaran mudah. Hasil pengujian persyaratan analisis uji normalitas diperoleh hasil signifikansi P pre-test 0,34 dan post-test 0,40 data tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh hasil signifikansi P pre-test 0,73 dan post-test 0,36 data tersebut memiliki varians data homogen. Hasil teknik analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 54,83 dan nilai rata-rata post-test sebesar 84,33 artinya terdapat selisih nilai sebesar 29,5. Uji hipotesis paired sample T test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001 serta uji N-gain menghasilkan skor sebesar 0,67. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media pelatihan flipbook digital variasi roti manis dinilai efektif terhadap hasil pengetahuan peserta pelatihan karena terdapat peningkatan pengetahuan secara signifikan dari hasil pre-test dan post-test yang telah diuji dengan paired sample T dalam kategori sedang yang diperoleh dari hasil uji N-gain.

Published
2023-07-25
Section
Articles