PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGKAL BAHAYA RADIKALISME AGAMA DI SMK NEGERI 1 GUNUNG DJATI
Abstract
Gerakan radikalisme di Indonesia khusunya tentu sangat berdampak diberbagai
kalangan salah satunya adalah di kalangan anak-anak pelajar. Peran orang tua
dan Guru menjadi sangat penting untuk dapat mencegahnya pergerakan
radikalisme ini. Pergerakan ini tentu dapat mempengaruhi ideologi dan identitas
kita sebagai bangsa Indonesia juga membahayakan bagi persatuan dan kesatuan
bangsa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kendala apa saja dan
solusi yang diterapkan guru pendidikan agama Islam dalam upaya menagkal
bahaya radiklisme agama di SMK Negeri 1 Gunung Djati. Dalam penelitian ini
penulis menggunakan jenis penelitian deskriftif kualitatif. Penelitian ini digunakan
agar dapat mengetahui dan menggambarkan apa saja yang terjadi dilapangan
dengan jelas peranan guru PAI disekolah sangatlah penting dalam menangkal
bahaya yang ditimbulkannya, mendidik dan menjaganya agar tidak terjerumus dan ikutikutan dalam pahamnya yang salah, Selain itu juga seorang Guru PAI berperan untuk
melakukan perubahahan social dengan amar ma‟ruf nahi munkar, guru PAI harus
memposisikan diri sebagai model atau sentral identifikasi diri serta konsultan bagi peserta
didik atau meneurut Stanley, tokoh yang berperan sebagai “Shaper of new society,
transformational leader, change agent, architect of the new social order†yakni
membentuk masyarakat baru, pemimpin dan pembimbing serta pengarah transformasi,
agen perubahan, serta arsitek dari tatanan social yang baru selaras dengan ajaran dan
nilai-nilai ilahi, Untuk mengurangi atau memberantas kelompok radikalisme ini guru
dan kepala sekolah sepakat bahwa perlunya sinergitas antara pemerintah dan masyarakat
terutama para ulama dan para da‟i untuk terus melakukan kegiatkan-kegiatan yang
sifatnya membendung tersebarnya paham radikal itu, juga keterlibatan dari pihak
keluarga terutama orang tua yang harus menjaga putra -puterinya untuk dididik dengan
benar dilingkungan keluarganya.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.