Korelasi Antara Pengetahuan Tentang Manajemen, Motivasi Kerja, Dengan Kepuasan Layanan Karyawan Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Jambi

  • M Shoffa Saifillah Af Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batanghari Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara pengetahuan tentang manajemen dengan kepuasan layanan karyawan Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Jambi, hubungan antara motivasi kerja dengan kepuasan layanan karyawan Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Jambi, dan untuk mengkaji hubungan antara pengetahuan tentang manajemen, motivasi kerja, secara bersama–sama dengan kepuasan layanan karyawan Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Jambi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey yang dilaksanakan di tiga Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Jambi, yaitu Madrasah Aliyah Negeri Olak Kemang Kota Jambi, Madrasah Aliyah Negeri 1 Pulau Temiang Kabupaten Tebo, Madrasah Aliyah Negeri 2 Muaro Bulian Kabupaten Batanghari. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jumlah sampel 169 guru dan pegawai dari jumlah 293 populasi. Uji validitas X1 (pengetahuan menejemen) menggunakan rumus Point Biserial dan uji realibilitas X1 menggunakan  KR21. Uji validitas dan realiblilitas X2 (motivasi kerja) dan Y (kepuasan layanan) menggunakan rumus Karl Pearson dan Alpha Cronbanch. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dengan taraf signifikansi α = 0,05. Penelitian ini menghasilkan: (1) terdapat korelasi yang signifikan antara pengetahuan tentang manajemen dengan kepuasan layanan karyawan Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Jambi sebesar 50,1%(2) terdapat korelasi yangsangat signifikan antara komitmen kerja dengan kepuasan layanan karyawan Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Jambi sebesar 53,1 (3) terdapat korelasi signifikan antara pengetahuan tentang manajemen, motivasi kerja secara bersama terhadap kepuasan layanan karyawan Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Jambi sebesar 57,6%. Berdasarkan temuan penelitian ini, semakin baik pengetahuan tentang manajemen dan motivasi kerja, maka kepuasan layanan akan semakin baik. Dengan kata lain untuk meningkatkan kepuasan layanan karyawan dapat dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan tentang manajemen dan motivasi karyawan Madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-22
Section
Articles