Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Sikap Tanggung Jawab Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran SAVI Tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku Di Kelas IV SD Negeri 1 Karanggintung
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar dan kurangnya rasa sikap tanggung jawab peserta didik di kelas IV SD Negeri 1 Karanggintung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap tanggung jawab peserta didik menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan pembelajaran. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Karanggintung, dengan jumlah peserta didik 21, terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Teknik dan alat pengumpulan data yaitu tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model SAVI dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dan sikap tanggung jawab peserta didik. Peningkatan prestasi belajar peserta didik dibuktikan adanya perolehan nilai rata-rata pada mata pelajaran IPA siklus I mendapat 76,6 dengan persentase ketuntasan belajar 65%, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia mendapat 71,4 dengan persentase ketuntasan belajar 62%. Selanjutnya peningkatan pada sikap tanggung jawab peserta didik dibuktikan pada lembar observasi sikap tanggung jawab peserta didik dengan persentase ketuntasan 68% dan angket mendapatkan persentase ketuntasan 81%. Hasil penelitian pada siklus II peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA mendapatkan nilai rata-rata 86,4 dengan persentase ketuntasan belajar 85%, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia mendapat 84,6 dengan persentase ketuntasan belajar 90%. Selanjutnya peningkatan sikap tanggung jawab mendapat persentase ketuntasan 90% dan angket mendapat persentase ketuntasan sebesar 82%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap tanggung jawab peserta didik di kelas IV SD Negeri 1 Karanggintung.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.