PENINGKATAN KECERDASAN MORAL ANAK MELALUI PENGGUNAAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (TEKNIK KLARIFIKASI NILAI
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kecerdasan moral dapat
ditingkatkan melalui penggunaan Klarifikasi Nilai. Penelitian ini dilakukan kepada
18 anak berusia 4 sampai 5 tahun di kelas A RA Nurul Amal. Metode penelitian
yang digunakan adalah penelitian tindakan model Kemmis & Taggart. Teknik
analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Teknik
analasis data kuantitatif yang digunakan adalah analisa statistika dalam bentuk
prosentase dan frekuency table.. Teknik analisis kualitatif model Miles dan
Huberman digunakan untuk menganalisis data kualitatif. Hasil analisis kualitatif
menunjukkan bahwa Klarifikasi Nilai merupakan teknik yang efektif untuk
meningkatkan kecerdasan moral anak. Klarifikasi nilai memberikan kesempatan
anak untuk berekspresi menyatakan pendapat dan mengutarakan perasaan serta
menentukan tindakan. Klarifikasi nilai merubah cara guru mengajar yakni
menghindari metode doktrinasi. Analisis kuantitatif menunjukkan bahwa
klarifikasi nilai telah dapat meningkatkan kecerdasan moral anak. Kecerdasan
moral anak sebelum dilakukan tindakan berada dalam kategori Belum
Berkembang, berubah menjadi kategori Mulai Berkembang pada siklus I, dan naik
lebih tinggi lagi menjadi Berkembang Sesuai Harapanan di akhir Siklus II.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.