PENINGKATAN KECERDASAN MORAL ANAK MELALUI PENGGUNAAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (TEKNIK KLARIFIKASI NILAI

  • Taty Setiaty

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kecerdasan moral dapat
ditingkatkan melalui penggunaan Klarifikasi Nilai. Penelitian ini dilakukan kepada
18 anak berusia 4 sampai 5 tahun di kelas A RA Nurul Amal. Metode penelitian
yang digunakan adalah penelitian tindakan model Kemmis & Taggart. Teknik
analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Teknik
analasis data kuantitatif yang digunakan adalah analisa statistika dalam bentuk
prosentase dan frekuency table.. Teknik analisis kualitatif model Miles dan
Huberman digunakan untuk menganalisis data kualitatif. Hasil analisis kualitatif
menunjukkan bahwa Klarifikasi Nilai merupakan teknik yang efektif untuk
meningkatkan kecerdasan moral anak. Klarifikasi nilai memberikan kesempatan
anak untuk berekspresi menyatakan pendapat dan mengutarakan perasaan serta
menentukan tindakan. Klarifikasi nilai merubah cara guru mengajar yakni
menghindari metode doktrinasi. Analisis kuantitatif menunjukkan bahwa
klarifikasi nilai telah dapat meningkatkan kecerdasan moral anak. Kecerdasan
moral anak sebelum dilakukan tindakan berada dalam kategori Belum
Berkembang, berubah menjadi kategori Mulai Berkembang pada siklus I, dan naik
lebih tinggi lagi menjadi Berkembang Sesuai Harapanan di akhir Siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-30
How to Cite
SETIATY, Taty. PENINGKATAN KECERDASAN MORAL ANAK MELALUI PENGGUNAAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (TEKNIK KLARIFIKASI NILAI. Syntax Idea, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 97-108, june 2019. ISSN 2684-883X. Available at: <https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/20>. Date accessed: 16 sep. 2021.
Section
Articles