Pengaruh Kreatifitas Dan Motivasi Terhadap Peluang Mahasiswa Memasuki Dunia Usaha

  • Wahyu Wibowo Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes
  • Dwi Harini Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes
  • Akbar Nuur Purnama DW Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes

Abstract

Dunia usaha adalah dunia yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Setiap individu yang menjalankan usaha, senantiasa mencari jalan untuk selalu memperoleh sesuatu yang lebih menguntungkan dari sebelumnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pengaruh Kreatifitas mahasiswa dalam berwirausaha dan Motivasinya terhadap peluang mahasiswa dalam memasuki dunia usaha bagi mahasiswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kreatifitas dan motivasi dapat memberikan kontibusi ataupun pengaruh yang signifikan terhadap  peluang memasuki dunia usaha bagi mahasiswa Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kantitatif, Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan Variabel Kreatifitas (X1) dan Variabel Motivasi (X2) serta Variabel Dunia Usaha (Y) yaitu dengan penyebaran angket atau kuesioner, setelah sebelumnya melakukan wawancara dan observasi, populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Muhadi setiabudi, sedangkan yang dijadikan sampel adalah 57 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang sudah mempunyai usaha.  Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik deskriptif yaitu menyajikan data masing-masing variabel secara tunggal, dan inferensial ststistik yaitu untuk menguji hipotesis penelitian. Dengan metode One-Way ANOVA, hipotesis penelitian dilakukan pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kuesioner yang dibagikan kepada responden dapat diandalkan pada variabel X1 dengan Cronbach Alpa (Thitung = 0,777> ttabel = 0,244) dan Variabel X2 Cronbach Alpa (Thitung = 0,872> ttabel = 0,244) sedangkan koefisien determinasi sederhana (R Square) = 0,885 dengan nilai probabilitas sig = 0,000. Berarti sig> yaitu 0,000 <0,885 sehingga R Square = 0,885 signifikan, rata-rata variabel peran Kreatifitas dan Motivasi mahasiswa memiliki pengaruh 88,5% terhadap Peluang memasuki dunia usaha bagi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-23
Section
Articles