Pengaruh Kreatifitas Dan Motivasi Terhadap Peluang Mahasiswa Memasuki Dunia Usaha
Abstract
Dunia usaha adalah dunia yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Setiap individu yang menjalankan usaha, senantiasa mencari jalan untuk selalu memperoleh sesuatu yang lebih menguntungkan dari sebelumnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pengaruh Kreatifitas mahasiswa dalam berwirausaha dan Motivasinya terhadap peluang mahasiswa dalam memasuki dunia usaha bagi mahasiswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kreatifitas dan motivasi dapat memberikan kontibusi ataupun pengaruh yang signifikan terhadap peluang memasuki dunia usaha bagi mahasiswa Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kantitatif, Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan Variabel Kreatifitas (X1) dan Variabel Motivasi (X2) serta Variabel Dunia Usaha (Y) yaitu dengan penyebaran angket atau kuesioner, setelah sebelumnya melakukan wawancara dan observasi, populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Muhadi setiabudi, sedangkan yang dijadikan sampel adalah 57 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang sudah mempunyai usaha. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik deskriptif yaitu menyajikan data masing-masing variabel secara tunggal, dan inferensial ststistik yaitu untuk menguji hipotesis penelitian. Dengan metode One-Way ANOVA, hipotesis penelitian dilakukan pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kuesioner yang dibagikan kepada responden dapat diandalkan pada variabel X1 dengan Cronbach Alpa (Thitung = 0,777> ttabel = 0,244) dan Variabel X2 Cronbach Alpa (Thitung = 0,872> ttabel = 0,244) sedangkan koefisien determinasi sederhana (R Square) = 0,885 dengan nilai probabilitas sig = 0,000. Berarti sig> yaitu 0,000 <0,885 sehingga R Square = 0,885 signifikan, rata-rata variabel peran Kreatifitas dan Motivasi mahasiswa memiliki pengaruh 88,5% terhadap Peluang memasuki dunia usaha bagi mahasiswa.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.