Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaringan Tanaman Dengan Inovasi Mikroskop Digital Buatan Sendiri

  • Seto Wardono Dinas Pendidikan dan Kebudayaan UPT SMP Negeri 2 Pasuruan Prov. Jawa Timur

Abstract

Materi pelajaran yang berhubungan dengan sel, jaringan dan organ tanaman sangat sulit diajarkan dengan media ajar biasa. Selain itu mikroskop sekolah sudah sangat ketinggalan jaman dan tidak efisien serta sulit dioperasikan di dalam proses KBM di era milenium saat ini. Maka peneliti mencari pemecahan masalah tersebut dengan membuat inovasi berupa menyempurnakan mikroskop konvensional menjadi mikroskop digital yang berbasis multimedia. Mikroskop digital ini membantu guru dalam praktikum jaringan tanaman menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah eksperiment dengan media mikroskop digital buatan sendiri di dalam laboratorium sekolah.  Tujuan pembuatan inovasi ini adalah; menyempurnakan mikroskop konvensional menjadi mikroskop digital berbasis multimedia. Praktikum jaringan tanaman menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Manfaat inovasi adalah  memberi shock terapi bagi  guru IPA yang selama ini menggunakan mikroskop konvensional. Inovasi media pembelajaran ini telah diaplikasikan pada siswa kelas VII A  semester 1, Tahun Pelajaran 2018-2019 dengan jumlah siswa perkelas 32 siswa. Hasil dari aplikasi mikroskop digital buatan sendiri adalah, guru mampu menghasilkan tayangan obyek pengamatan dengan menawan dan sangat mudah menunjukkan letak-letak organ penyusun jaringan tanaman kepada siswa. Dengan media mikroskop digital, guru dengan mudah menanamkan konsep organ-organ penyusun jaringan tanaman secara kontektual kepada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-23
Section
Articles