Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaringan Tanaman Dengan Inovasi Mikroskop Digital Buatan Sendiri
Abstract
Materi pelajaran yang berhubungan dengan sel, jaringan dan organ tanaman sangat sulit diajarkan dengan media ajar biasa. Selain itu mikroskop sekolah sudah sangat ketinggalan jaman dan tidak efisien serta sulit dioperasikan di dalam proses KBM di era milenium saat ini. Maka peneliti mencari pemecahan masalah tersebut dengan membuat inovasi berupa menyempurnakan mikroskop konvensional menjadi mikroskop digital yang berbasis multimedia. Mikroskop digital ini membantu guru dalam praktikum jaringan tanaman menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah eksperiment dengan media mikroskop digital buatan sendiri di dalam laboratorium sekolah. Tujuan pembuatan inovasi ini adalah; menyempurnakan mikroskop konvensional menjadi mikroskop digital berbasis multimedia. Praktikum jaringan tanaman menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Manfaat inovasi adalah memberi shock terapi bagi guru IPA yang selama ini menggunakan mikroskop konvensional. Inovasi media pembelajaran ini telah diaplikasikan pada siswa kelas VII A semester 1, Tahun Pelajaran 2018-2019 dengan jumlah siswa perkelas 32 siswa. Hasil dari aplikasi mikroskop digital buatan sendiri adalah, guru mampu menghasilkan tayangan obyek pengamatan dengan menawan dan sangat mudah menunjukkan letak-letak organ penyusun jaringan tanaman kepada siswa. Dengan media mikroskop digital, guru dengan mudah menanamkan konsep organ-organ penyusun jaringan tanaman secara kontektual kepada siswa.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.