Gambaran Kepemimpingan Pembelajaran Guru Penggerak
Abstract
Guru Penggerak dalam proses pendidikannya dilatih untuk mengembangkan keterampilan memimpin yang dikenal dengan Instructional Leadership dan menerapkannya hingga setalah masa Pendidikan selesai. Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepemimpinan pembelajaran dari para lulusan program pendidikan guru penggerak. Populasi penelitian ini guru penggerak angkatan 1 mengampu mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Bimbingan dan Konseling sebanyak 117 orang dan sampel sejumlah 36 orang menggunakan teknik sampling purposive. Kuesioner Kepemimpinan Pembelajaran disebar secara online menggunakan bantuan Google Form. Data diolah dengan menggunakan SPSS versi 21 untuk melihat deskripsi data dan juga perbandingan rerata di masing-masing dimensi kepemimpinan pembelajaran. Skala penelitian terdiri dari 7 dimensi kepemimpinan pembelajaran yaitu Instructional resource Provider, Maintain Visibe Presence, Professional Development, Maximize Instructional Time, Monitoring Students’ Progress, Feedback on Teaching Learning dan Curriculum Implementation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 36 orang guru penggerak angkatan 1 mata pelajaran PJOK dan BK 5 Orang atau 13,88 % memiliki Kepemimpinan Pembelajaran Tinggi, 28 orang atau 77, 77 % memiliki Kepemimpinan Pembelajaran Sedang dan hanya 3 orang atau 8,33 % yang memiliki Kepemimpinan pembelajaran rendah.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.