Model Pembelajaran Blended Learning dengan Media Blog dan Modul Pembelajaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efektivitas model Blended learning melalui media Blog dengan Modul Pembelajaran Bisnis Online dalam meningkatkan keterampilan vokasional pada peserta didik Kelas XII BDP SMKN 11 Bandung pada masa pandemi covid-19. Model Pembelajaran Blanded Learning adalah metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada semua jenjang pendidikan, dalam metode pembelajaran ini peserta didik menggunakan metode baik secara daring maupu luring di masa pandemi covid-19 dimana hampir semua peserta didik juga tetap melakukan pelajaran di rumah (BDR). Model Pembelajaran Blended Learning bertujuan untuk menemukan pemecahan masalah pembelajaran yang efektif di masa pandemi covid-19, disamping itu juga agar peserta didik dapat mempelajari konsep cara pemecahan masalah dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Dalam mempelajari konsep dan kemampuan berpikir kritis tersebut peserta didik akan bekerja secara teliti mengikuti modul pembelajaran yang telah di buatkan oleh guru dan membuat project pemasaran produk melalui Blog secara online. Pembelajaran dengan menerapkan metode Blended learning ini diharapkan dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan kreatif, dengan belajar dari apa yang mereka lihat dari lingkungannya, walaupun pada masa pandemic dan tetap BDR. Project yag dibuat secara mandiri telah menarik semua peserta didik untuk berusaha membuatnya dengan memanfaatkan bahan baku yang berada di sekitar lingkungan tempat tinggal dan memanfaatkan peralatan serta perlengkapan sederhana yang dimiliki oleh peserta didik Kelas XII BDP SMKN 11 Bandung. Model Pembelajaran Blended learning merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan vokasional pada peserta didik Kelas XII BDP SMKN 11 Bandung.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.