Model Pembelajaran Blended Learning dengan Media Blog dan Modul Pembelajaran

  • Rodiyah Rodiyah SMK Negeri 11 Bandung Jawa Barat, Indonesia
Keywords: Blended learning;, Blog;, Modul;, keterampilan Vokasional;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efektivitas model Blended learning melalui media Blog dengan Modul Pembelajaran Bisnis Online dalam meningkatkan keterampilan vokasional pada peserta didik Kelas XII BDP SMKN 11 Bandung pada masa pandemi covid-19. Model Pembelajaran Blanded Learning adalah metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada semua jenjang pendidikan, dalam metode pembelajaran ini peserta didik menggunakan metode baik secara daring maupu luring di masa pandemi covid-19 dimana hampir semua peserta didik juga tetap melakukan pelajaran  di rumah (BDR). Model Pembelajaran Blended Learning bertujuan untuk menemukan pemecahan masalah pembelajaran yang efektif di masa pandemi covid-19, disamping itu juga agar peserta didik dapat  mempelajari konsep cara pemecahan masalah dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Dalam mempelajari konsep dan kemampuan berpikir kritis tersebut peserta didik akan  bekerja secara teliti mengikuti modul pembelajaran yang telah di buatkan oleh guru dan membuat project pemasaran produk melalui Blog secara online. Pembelajaran dengan menerapkan metode Blended learning ini diharapkan dapat membuat peserta didik  menjadi lebih aktif dan kreatif, dengan belajar dari apa yang mereka lihat dari lingkungannya, walaupun pada masa pandemic dan tetap BDR.  Project yag dibuat secara mandiri telah menarik semua peserta didik untuk berusaha membuatnya dengan memanfaatkan bahan baku yang berada di sekitar lingkungan tempat tinggal dan memanfaatkan peralatan serta perlengkapan sederhana yang dimiliki oleh peserta didik Kelas XII BDP SMKN 11 Bandung. Model Pembelajaran Blended learning merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan vokasional pada peserta didik Kelas XII BDP SMKN 11 Bandung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-20
Section
Articles