Meningkatkan hasil belajar pukulan Forehand Drive tenis meja melalui penggunaan media pembelajaran Audio Visual
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Hasil Belajar Pukulan Forehand Drive dalam Tenis Meja Melalui Media Pembelajaran Audio Visual (VCD) Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 LEUWIIANG, dan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian melibatkan 2 kolabolator dan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Kondisi awal siswa yang diteliti belum optimal belum pembelajaran pendidikan jasmani dan kurang aktif dalam pembelajaran. Hasil dari siklus pertama sebagai berikut: Hasil yang didapat dari proses pembelajaran adalah nilai tes rata-rata siswa adalah 75,76 dengan 20 orang (57%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan nilai hasil materi pembelajaran adalah 55 %. Skor-skor tersebut belum mencapai standar keberhasilan yang ditentukan peneliti sehingga diperlukan siklus II untuk dapat meningkatkan hasil belajar pukulan Forehand Drive dalam Tenis Meja. Hasil dari siklus Kedua yang merupakan refleksi dari siklus pertama sebagai berikut: Hasil yang didapat dari proses pembelajaran adalah nilai tes rata-rata siswa adalah 77,43 dengan 28 orang (80%) telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan nilai hasil materi pembelajaran adalah 100 %. Angka-angka tersebut telah mencapai standar keberhasilan yang ditentukan peneliti dengan demikian peneliti memutuskan untuk mengakhiri tindakan pembelajaran. Berdasarkan hasil yang ada maka dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran menggunakan audio visual dapat meningkatkan hasil belajar pukulan Forehand Drive dalam Tenis Meja.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.