Strategi guru tahfidz dalam pembinaan akhlak SMP IT Darurrahman Makassar

  • Ahmad Ahmad Universitas Muslim Indonesia Makassar, Indonesia
  • Mustamin Mustamin Universitas Muslim Indonesia Makassar, Indonesia
Keywords: strategi;, guru tahfidz;, pembinaan akhlak;

Abstract

Penelitian ini merupakan pembahasan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru tahfidz dalam pembinaan akhlak pada peserta didik di SMP IT Darurrahman Makassar dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak pada peserta didik di SMP IT Darurrahman Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu jenis penelitian yang menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah daripada melihat permasalahan untuk penelitian generalisasi. Adapun lokasi penelitian dilaksanakan SMP IT Darurrahman Makassar. Teknik pengumpulan data yang di gunakan peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verivikasi Adapun sumber data dalam penelitian ini Guru Tahfidz, Kepala sekolah dan peserta didik SMP IT Darurrahman. Hasil penelitian yang diperoleh dari Strategi Guru Tahfidz Dalam Pembinaan Akhlak Pada Peserta Didik Di SMP IT Darurrahman Makassar yaitu: Strategi Guru Tahfidz Dalam Pembinaan Akhlak SMP IT Dasrurrahman Makassar diantaranya: melakukan strategi pembinaan dan pengawasan langsung, mengajarkan tentang Adab kepada peserta didik, memberikan hukuman bagi peserta didik yang melanggar, melakukan pembiasaan yang baik dan memberikan teladan yang baik. Faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak di SMP IT Darurrahman Makassar yaitu: a. Faktor pendukung yaitu Adanya motivasi dari guru dan peserta didik, Adanya fasilitas yang memadai, Adanya dukungan dari orangtua. b. Faktor penghambat yaitu faktor Internal yaitu timbul dari dalam diri peserta didik dan faktor Eksternal seperti faktor keluarga dan faktor lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-20
Section
Articles