Strategi guru tahfidz dalam pembinaan akhlak SMP IT Darurrahman Makassar
Abstract
Penelitian ini merupakan pembahasan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru tahfidz dalam pembinaan akhlak pada peserta didik di SMP IT Darurrahman Makassar dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak pada peserta didik di SMP IT Darurrahman Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu jenis penelitian yang menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah daripada melihat permasalahan untuk penelitian generalisasi. Adapun lokasi penelitian dilaksanakan SMP IT Darurrahman Makassar. Teknik pengumpulan data yang di gunakan peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verivikasi Adapun sumber data dalam penelitian ini Guru Tahfidz, Kepala sekolah dan peserta didik SMP IT Darurrahman. Hasil penelitian yang diperoleh dari Strategi Guru Tahfidz Dalam Pembinaan Akhlak Pada Peserta Didik Di SMP IT Darurrahman Makassar yaitu: Strategi Guru Tahfidz Dalam Pembinaan Akhlak SMP IT Dasrurrahman Makassar diantaranya: melakukan strategi pembinaan dan pengawasan langsung, mengajarkan tentang Adab kepada peserta didik, memberikan hukuman bagi peserta didik yang melanggar, melakukan pembiasaan yang baik dan memberikan teladan yang baik. Faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak di SMP IT Darurrahman Makassar yaitu: a. Faktor pendukung yaitu Adanya motivasi dari guru dan peserta didik, Adanya fasilitas yang memadai, Adanya dukungan dari orangtua. b. Faktor penghambat yaitu faktor Internal yaitu timbul dari dalam diri peserta didik dan faktor Eksternal seperti faktor keluarga dan faktor lingkungan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.