Desain bahan ajar berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi turunan fungsi

  • Lifia Ardhya Putri Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Gunung Jati Cirebon Jawa Barat, Indonesia
  • Fuad Nasir Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Gunung Jati Cirebon Jawa Barat, Indonesia
  • Jajo Firman Raharjo Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Gunung Jati Cirebon Jawa Barat, Indonesia
Keywords: validasi;, praktikalitas;, pemecahan masalah matematis;

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui desain bahan ajar berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi turunan fungsi itu valid. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dan menggunakan model ADDIE dengan memfokuskan sampai pada tahap ADD. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Cirebon, dengan mengambil partisipan sebanyak 9 siswa kelas 11. Hasil dari uji kevalidan bahan ajar dan angket praktikalitas, bahwa modul berbasis kemampuan pemecahan masalah dinyatakan cukup valid dengan perolehan 79.68% rata-rata secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-18
Section
Articles