Strategi Redesain Pasar Besar Kota Batu sebagai pendukung Pariwisata Di Kota Batu

  • Mega Noviana Universitas Teknologi Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Endy Marlina Universitas Teknologi Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Keywords: kota wisata;, pendukung pariwisata;, pasar;, UMKM;, Re-Creative

Abstract

Pemerintah Kota Batu berupaya meningkatkan pariwisata melalui pasar tradisional untuk meningkatkan wisatawan dan terwujudnya Kota Wisata Batu (KWB). Redesain Pasar Besar Kota Batu menjadi salah satu pendukung peningkatan pariwisata diimplementasikan dengan penggabungan fungsi pasar tradisional menjadi pasar wisata. Pengembangan pasar wisata juga dikembangkan sebagai media untuk menampilkan hasil-hasil UMKM dan khususnya hasil-hasil pertanian organik menjadi komoditas unggulan daerah Kota Batu untuk menarik minat wisatawan. Strategi redesain pasar muncul dari observasi permasalahan ruang dan potensi pergeseran fungsi pasar. Permasalahan pasar berkaitan erat dengan indera manusia dan aktivitas dalam ruang. Hubungan ini membangun keterkaitan dialektik antara ruang dan manusianya. Pergeseran image pasar berpotensi meningkatkan mutu pasar serta pariwisata Kota Batu. Hal ini diterapkan pada pengaturan ruang re-creative untuk memperbaiki mood pengguna. Selain itu, pengaturan zonasi dan sirkulasi pasar untuk merorganisir pasar sehingga seluruh pengguna dapat menikmati pasar secara keseluruhan. Permainan massa bangunan, lighting, serta penambahan fungsi Food & Beverage juga sebagai implementasi konsep Re-creative untuk menghilangkan kepenatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-25
Section
Articles