Pengaruh Persepsi Bimbingan Orang Tua, Motivasi Dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mts Negeri 1 Demak
Abstract
Sudah menjadi fenomena saat ini karena kesibukan orang tua sehingga kurang memberikan perhatian terhadap perkembangan pendidikan anak-anaknya. Sementara beberapa peneliti menyatakan bahwa perhatian orang tua terhadap proses pendidikan anak-anaknya sangat berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Adakah pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar? (2) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap diiplin belajar terhadap prestasi belajar? (3) Adakah pengaruh bimbingan orang tua secara tidak langsung terhadap prestasi belajar (melalui motivasi dan disiplin belajar)? Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Demak, dengan melibatkan siswa/i sebanyak 260 sebagai responden. Fakta-fakta yang dialami responden dikaji dengan menggunakan angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang merefleksi persepsi responden terhadap variabel yang diteliti. Datanya diperoleh dengan cara penyebaran angket dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan analisis uji prasyarat, analisis statistik diskriptif dan analisis jalur. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) Terdapat pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Motivasi Siswa terhadap Disiplin Belajar. Hal ini ditunjukkan skor F pada tabel Anova sebesar 4.826 pada taraf signifikansi 0,009 (di bawah 0,05). (2) Tidak terdapat pengaruh Motivasi Belajar terhadap Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar. Hal ini ditunjukkan skor F pada tabel Anova pada taraf signifikansi 0,524 (lebih besar 0,05). (3) Terdapat pengaruh Bimbingan Orang Tua, terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Siswa dan Disiplin Belajar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0.000 dimana nilai tersebut kurang dari 0.005 sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Temuan penelitian merekomendasikan beberapa hal. Pertama, keterlibatan orang tua x perlu ditingkatkan terutama dalam memberikan bimbingan belajar kepada anak kedua, dengan memiliki motivasi dan disiplin yang tinggi dalam belajar maka pencapaian prestasi siswa akan semakin meningkat. Ketiga, keterlibatan orang tua memiliki andil dalam memberikan persiapan yang baik untuk anak dalam mencapai prestasi dengan memberikan motivasi dan membiasakan disiplin kepada anak dalam belajar
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.