Hubungan Antara Pengetahuan Strategi Pembelajaran, Keinovatifan Dan Komunikasi Interpersonal Dengan Kemampuan Widyaiswara Mengelola Pembelajaran

  • Sigit Wibowo Teknologi Pendidikan, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
Keywords: strategi pembelajaran;, keinovatifan;, komunikasi interpersonal

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang strategi instruksional, inovasi, dan komunikasi interpersonal dengan kemampuan instruktur untuk mengelola instruksi. Subjek penelitian adalah instruktur di Pusat Pengembangan Pendidikan Kejuruan Jakarta, dengan sampel 50 instruktur.  Tiga variabel independen adalah pengetahuan tentang strategi instruksional yang diukur dengan instrumen uji, inovasi dan komunikasi interpersonal yang diukur dengan instrumen non-uji, dan variabel dependen adalah kemampuan instruktur untuk mengelola instruksi yang diukur dengan instrumen non-uji menggunakan bentuk lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada korelasi positif antara pengetahuan tentang strategi instruksional dan kemampuan instruktur untuk mengelola instruksi; (2) ada korelasi positif antara inovasi dan kemampuan instruktur untuk mengelola instruksi; (3) ada korelasi positif antara komunikasi interpersonal dan kemampuan instruktur untuk mengelola instruksi; dan (4) ada korelasi positif antara pengetahuan tentang strategi instruksional, inovasi, dan komunikasi interpersonal bersama-sama dan kemampuan instruktur untuk mengelola instruksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan instruktur untuk mengelola instruksi dapat ditingkatkan melalui peningkatan pengetahuan tentang strategi instruksional, inovasi, dan efektivitas komunikasi interpersonal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-26
Section
Articles