Hubungan Antara Pengetahuan Strategi Pembelajaran, Keinovatifan Dan Komunikasi Interpersonal Dengan Kemampuan Widyaiswara Mengelola Pembelajaran
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang strategi instruksional, inovasi, dan komunikasi interpersonal dengan kemampuan instruktur untuk mengelola instruksi. Subjek penelitian adalah instruktur di Pusat Pengembangan Pendidikan Kejuruan Jakarta, dengan sampel 50 instruktur. Tiga variabel independen adalah pengetahuan tentang strategi instruksional yang diukur dengan instrumen uji, inovasi dan komunikasi interpersonal yang diukur dengan instrumen non-uji, dan variabel dependen adalah kemampuan instruktur untuk mengelola instruksi yang diukur dengan instrumen non-uji menggunakan bentuk lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada korelasi positif antara pengetahuan tentang strategi instruksional dan kemampuan instruktur untuk mengelola instruksi; (2) ada korelasi positif antara inovasi dan kemampuan instruktur untuk mengelola instruksi; (3) ada korelasi positif antara komunikasi interpersonal dan kemampuan instruktur untuk mengelola instruksi; dan (4) ada korelasi positif antara pengetahuan tentang strategi instruksional, inovasi, dan komunikasi interpersonal bersama-sama dan kemampuan instruktur untuk mengelola instruksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan instruktur untuk mengelola instruksi dapat ditingkatkan melalui peningkatan pengetahuan tentang strategi instruksional, inovasi, dan efektivitas komunikasi interpersonal.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.