ANALISIS HARGA, FASILITAS, KUALITAS PELAYANAN DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI YOGYA MALL PEMALANG
Abstract
Judul penelitian kali ini “Analisis pengaruh harga, fasilitas, kualitas layanan, dan
keanekaragaman produk terhadap loyalitas pelanggan†(Studi Kasus di Yogya
Pemalang Mall). Tujuan penelitian ini adalah: pertama,guna memperoleh
pengetahuan dan mampu menganalisis keterkaitan mengenai harga terhadap
loyalitas pelanggan, kedua, guna memperoleh data baru sebagai bahan
pertimbangan dan mengetahui fasilitas terhadap loyalitas pelanggan apakah
memiliki pengaruh, ketiga, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh layanan
yang berkualitas pada loyalitas pelanggan, keempat, dapat memperoleh pengetahui
dan mampu menganalisis perihal pengaruh keragaman produk t pada loyalitas
pelanggan, kelima, mampu memahami serta dapat dilakukan analisis pengaruh
harga, fasilitas, kualitas layanan dan keanekaragaman produk untuk loyalitas
pelanggan. Pada penelitian ini digunakan purposive sampling dan accidental
sampling sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan uji
validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan pengujian
hipotesa yang berbentuk uji t, uji F dan koefisien determinan. Dengan analisis
regresi linier berganda pada penelitian ini diperoleh hasil b1 = 0,205
menunjukkan pengaruh yang signifikansi harga (X1) terhadap loyalitas pelanggan,
b2 = 0,202 menunjukkan pengaruh yang signifikansi fasilitas (X2) terhadap
loyalitas pelanggan, b3 = 0,470 menunjukkan pengaruh yang signifikansi kualitas
layanan (X3) terhadap loyalitas pelanggan, b4 = 0,169 menunjukkan pengaruh
yang signifikansi keanekaragaman produk (X4) terhadap loyalitas pelanggan.
Sedangkan untuk uji hipotesis denngan metode parsial digunakan dengan uji t,
dihalangi oleh nilai thitung untuk harga (X1) sebesar 2.283, fasilitas (X2) sebesar
2.379, kualitas layanan (X3) sebesar 7.864, produk keanekaragaman (X4) sebesar
3.213 dengan kriteria tabel sama dengan 1.984 yang digunakan dalam ujian ini.
Dan untuk pemeriksaan secara keseluruhan digunakan oleh uji F. Diperoleh
dengan F hitung sebesar 60.423, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000
berbanding lebih kecil dari nilai 0,05 serta lebih besar dari milai Ftabel 2,47.
Koefisien determinan (R2) sebesar 70,6%, yang artinya loyalitas pelanggan secara
bersamaan terkena pengaruh harga, fasilitas, kualitas layanan dan keragaman
produk, dan sisanya sebesar 29,4% disebabkan karena terdapat variable lainnya
yang tidak masuk ke dalam variabel persamaan model.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.