Manajemen Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Islam Terpadu Di Palangka Raya
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan manajemen tenaga pendidik Sekolah Dasar Islam Terpadu di Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan manajemen tenaga pendidik SD Islam Terpadu di Palangka Raya. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen Sekolah Dasar Islam terpadu di Palangka Raya sudah diterapkan dengan baik yaitu dengan melakukan perencanaan kebutuhan tenaga pendidik yang dilakukan sebelum tahun ajaran baru dimulai, selanjutnya mengadakan rekrutmen dengan metode terbuka dan seleksi berupa wawancara dan tes, tenaga pendidik difasilitasi dengan pembinaan dan pengembangan kompetensi oleh kepala sekolah, menerapkan promosi dan mutasi, pemberhentian yang sesuai dengan prosedur, dan pemberian kompensasi dan pengharcgaan pada tenaga pendidik. Implikasi dari penelitian ini bahwa manajemen tenaga pendidik yang baik dapat meningkatkan kinerja pendidik dan kualitas pendidikan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.