Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Layanan, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Telemedicine
Abstract
Indonesia menempati posisi terendah kedua pada rasio dokter di Asia Tenggara dengan rasio 0,4 dibanding 1.000 penduduk menjadi permasalahan yang harus diselesaikan. Keadaan darurat Covid-19 membuat keterbatasan dan mengubah perilaku masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan khususnya pelayanan kesehatan. Digitalisasi telah mengubah perilaku konsumen dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dari cara konvensional menjadi digital. Telemedis diciptakan agar pasien bisa berkonsultasi jarak jauh dengan dokter, pembelian obat online dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing, kualitas layanan, dan brand image terhadap keputusan pembelian produk telemedis di Halodoc. Penelitian ini memiliki fokus pada pengguna Halodoc yang berdomisili di Jabodetabek rentang umur 18-65 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan di dapat 170 orang responden. Analisis data dengan analisa statistik menggunakan SPSS 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan digital marketing, kualitas layanan, brand image baik itu secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk telemedis pada konsumen Halodoc di Jabodetabek
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.