Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Layanan, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Telemedicine

  • Ageng Mahendra Assidiq Universitas Budi Luhur Jakarta, Indonesia
  • Dea Oktaviani Universitas Budi Luhur Jakarta, Indonesia
  • Rifqi Arya Sandhi Universitas Budi Luhur Jakarta, Indonesia
Keywords: digital marketing;, kualitas layanan;, brand image;, keputusan pembelian;, halodoc;

Abstract

Indonesia menempati posisi terendah kedua pada rasio dokter di Asia Tenggara dengan rasio 0,4 dibanding 1.000 penduduk menjadi permasalahan yang harus diselesaikan. Keadaan darurat Covid-19 membuat keterbatasan dan mengubah perilaku masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan khususnya pelayanan kesehatan. Digitalisasi telah mengubah perilaku konsumen dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dari cara konvensional menjadi digital. Telemedis diciptakan agar pasien bisa berkonsultasi jarak jauh dengan dokter, pembelian obat online dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing, kualitas layanan, dan brand image terhadap keputusan pembelian produk telemedis di Halodoc. Penelitian ini memiliki fokus pada pengguna Halodoc yang berdomisili di Jabodetabek rentang umur 18-65 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan di dapat 170 orang responden. Analisis data dengan analisa statistik menggunakan SPSS 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan digital marketing, kualitas layanan, brand image baik itu secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk telemedis pada konsumen Halodoc di Jabodetabek

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-21
Section
Articles