Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu jenis sekolah formal yang dalamnya menyelenggarakan pendidikan kewirausahaan yang dapat mengarahkan siswa agar menjadi lulusan yang siap terjun secara profesional serta ikut bergerak di dunia usaha maupun industri. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan agar dapat diketahui bagaimana peran guru dalam melakukan motivasi dan pembinaan kepada siswa untuk membangun jiwa kewirausahaan dalam diri siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Guru memegang peranan penting sebagai fasilitator dan motivator dalam melakukan pengembangan kewirausahaan kepada siswa untuk meningkatkan minat berwirausaha siswa. Dengan pembelajaran kewirausahan yang diterima oleh siswa diharapkan dapat menyeimbangkan teori dan praktek tentang kewirausahaan dan dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan minat berwirausaha siswa. Jika sekolah ingin siswanya memiliki minat yang tinggi terhadap kewirausahaan, maka peran guru yang kreatif dalam memberikan mata pelajaran kewirausahaan, memberikan bimbingan, dan memberikan pembinaan adalah harus guru yang dapat memberikan bahan dan metode pengajaran seorang entrepreneur yang berhasil
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.