Strategi Pengembangan Desa Wisata Baros Kabupaten Bandung

  • Nenden Yayu Destiana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Jawa Barat, Indonesia
  • Elly Malihah Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Jawa Barat, Indonesia
  • Rini Andari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Jawa Barat, Indonesia
Keywords: desa wisata;, daya tarik wisata;, pengembangan desa wisata;, SWOT;, desa wisata baros;

Abstract

Desa wisata saat ini menjadi salah satu alternatif tujuan wisatawan karena beragam tradisi dan kebudayaan tiap desa memiliki daya tarik dan kekhasan tersendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan Desa Wisata Baros yang terletak di Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Desa wisata baros memiliki daya tarik wisata seperti daya tarik alam, budaya dan juga adat istiadatnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Sumber data melalui studi pustaka, wawancara dan penelitian lapangan. Pada tahapan merumuskan strategi pengembangan desa wisata peneliti menggunakan teknik analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa desa wisata baros memiliki potensi yang dapat dikembangkan diantaranya pengembangan kelembagaan desa wisata, pengembangan objek dan daya tarik wisata dan pengembangan sarana prasarana wisata. Strategi desa wisata baros berbasis pada kearifan lokal, alam dan budaya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-04
Section
Articles