Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Onelight Photography di Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Pelayanan yang berkualitas dapat memberikan rasa senang kepada para pelanggan yang dapat berdampak pada loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Onelight Photography di Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ditentukan dengan menerapkan metode purposive area yakni di Onelight Photography, Jl. Ikan Mungsing no. 20 Banyuwangi. Dalam menentukan jumlah responden memakai teknik Simple Random Sampling dengan rumus Slovin yaitu sebanyak 53 responden. Teknik mengumpulkan data yang dipakai yaitu kuesione, observasi, dan wawancara. Pengolahan data memakai editing, skoring, serta tabulasi. Analisis inferensial menggunakan analisis data yang meliputi analisis garis regresi sederhana, analisis varian regresi, uji F, efektivitas garis regresi, serta standart error of estimates. Perolehan penelitian memperlihatkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Onelight Photography di Kabupaten Banyuwangi yaitu Fhitung = 256,806 > Ftabel = 4,03 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 <α = 0,05. Untuk nilai varian garis regresi yaitu sebesar 0,913 yang termasuk dalam kategori sangat kuat. Jumlah persentase pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Onelight Photography di Kabupaten Banyuwangi sebesar 83,4%. sementara selebihnya yakni 16,6% didominasi faktor lain yang tak dibahas seperti promosi, produk dan harga. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Onelight Photography di Kabupaten Banyuwangi sebesar 83,4%.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.