Pembelajaran Pedagogik Spiritual

  • Umi Salamah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Jawa Barat, Indonesia
  • Aam Abdussalam Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Jawa Barat, Indonesia
  • Makhmud SyafeI Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Jawa Barat, Indonesia
  • Endis Firdaus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Jawa Barat, Indonesia
Keywords: belajar;, pembelajaran;, teori constructivism;

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dan evaluasi itu berlangsung selama proses belajar mengajar yang diselenggarakan oleh pendidik, dan peserta didik tidak hanya sebagai objek pendidikan tetapi juga sebagai subjek. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi literatur. Dalam dunia pendidikan, pembelajaran dapat memberdayakan peserta didik menjadi manusia yang mandiri dan mampu merebut berbagai peluang dalam kehidupan saat ini yang sangat kompetitif. Hal ini jika dikaitkan dengan pedagogik spiritual, hasil yang diharapkan sebagai bahan evaluasi oleh seorang pendidik adalah ketika peserta didiknya menanamkan sifat-sifat ketauhidan didalam dirinya sehingga menjadi khalifah Allah yang amanah di muka bumi dengan mengembangkan segala potensi yang ada dalam dirinya tersebut. Keberhasilan dari proses pembelajaran dan evaluasi tersebut, tidak akan terlepas dari komponen-komponen penunjang di dunia pendidikan yakni komponen visi, misi, tujuan, kurikulum, proses belajar mengajar, pendidik, peserta didik, manajemen pengelolaan, pembiayaan, sarana prasarana, lingkungan, jaringan komunikasi dan kerja sama, serta evaluasi pendidikan dan dasar strategi pembelajaran yang diterapkan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-20
Section
Articles